nusabali

Beli Mobil DP Ringan Bakal Lewat Prosedur Khusus

  • www.nusabali.com-beli-mobil-dp-ringan-bakal-lewat-prosedur-khusus

JAKARTA, NusaBali - Pabrikan mobil berencana melakukan proses khusus untuk pembelian mobil dengan cicilan ringan. Di tengah kebijakan perbankan dan perusahaan pembiayaan (leasing) yang diakui saat ini tengah memperketat arus kredit.

Di sisi lain, Bank Indonesia juga memutuskan menaikkan suku bunga menjadi 6%. Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono menyebut masyarakat dengan cicilan rendah berpotensi bakal terkena dampaknya.

"Saat ini suku bunga naik dikit, mayoritas pembelian kredit di segmen Daihatsu mereka yang akan terdampak sekali ketika menggunakan DP (down payment/ uang muka) ringan, karena biasanya yang menggunakan DP ringan cenderung punya rasio NPL (non performing loan) kurang baik dibanding range DP yang lain," katanya dalam Daihatsu Dress Up e-Challange 2023 dikutip CNBCIndonesia.com, Selasa (5/12).

"Untuk menyikapinya, lembaga pembiayaan memfilternya dengan menaikkan DP," tambahnya.

Untuk menghindari kredit macet, pabrikan pun menyiasatinya dengan mendorong konsumen untuk lebih mengenali profil cicilannya.

"Yang dilakukan Daihatsu melakukan segmentasi customer lebih tepat, ketika costumer akan beli kredit, maka kita tidak hanya berfungsi menawarkan tapi juga memberi asistensi kepada pembeli, atau konsultasi, ketika membeli kendaraan ini dengan kredit dokumen apa yang disiapkan," katanya.

Hal itu dilakukan demi menghindari potensi kredit macet ketika proses cicilan berlangsung. Hal itu perlu dilakukan karena lebih banyak konsumen yang membeli kendaraan dengan cara dicicil dibanding bayar tunai langsung.

Triono menyebut konsumen Daihatsu yang membeli kendaraan secara kredit mencapai 80%, sedangkan sisanya 20% dengan cara bayar tunai. Karena itu pendampingan konsumen perlu dilakukan demi meminimalisir NPL.

"Dengan proses filtering ke depan wiraniaga (dealer) bisa memberi asistensi kelengkapan dokumen yang diperlukan, kalau DP lebih rendah ada dokumen apa yang perlu disiapkan, itu harus dikomunikasikan di awal, jadi harapannya dengan kondisi leasing memperketat proses leasing, ini membantu proses lebih ready," sebut Triono.7

Komentar