nusabali

Pemkab Tabanan Gelar Upacara Pemelaspasan Alit di Padmasana Kantor Bupati

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-gelar-upacara-pemelaspasan-alit-di-padmasana-kantor-bupati
  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-gelar-upacara-pemelaspasan-alit-di-padmasana-kantor-bupati

TABANAN, NusaBali - Jelang Upacara Panca Wali Krama di Kantor Bupati Tabanan, Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar upacara Memakuh, Mendem Dasar, Melaspas Alit, Ngaturang Guru Piduka, Caru Manca Sanak, Nuasen Karya, Nyukat Genah, Ngawit Nanceb Wewangunan Karya, Minggu (3/12). Upacara agung tersebut bakal digelar pada 27 Desember 2023 nanti.

Karya yang berlangsung di Padmasana Kantor Bupati dan Padmasana Rumah Jabatan Bupati Tabanan, berlangsung tertib dan khidmat. Bupati Tabanan yang diwakili Sekda I Gede Susila, para asisten, seluruh OPD, para Camat se-Kabupaten Tabanan serta para ASN di lingkungan Pemkab Tabanan, Bendesa Adat dan Prajuru Adat Kota Tabanan turut berkontribusi dan mengikuti persembahyangan yang dimulai sejak pukul 07.00 hingga 13.00 Wita tersebut.

Rentetan Karya Agung ini, mulanya dimulai pada Saniscara Paing Kelawu di tanggal 2 Desember 2023, dengan kegiatan mareresik, matur pakeling/matur piuning, masang ider-ider. Sementara puncak acara direncanakan berlangsung pada Buda Paing Landep, tanggal 27 Desember mendatang dengan upacara Ngenteg Linggih dan Pujawali. Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya berharap karya berjalan dengan lancar. 


Melalui Sekda I Gede Susila, pihaknya berpesan agar mengajak seluruh komponen untuk menyongsong karya agung ini dengan manah lascarya, gotong royong dan tulus ikhlas. Susila juga mengapresiasi semangat gotong royong seluruh jajaran dan staf yang menunjukkan kesungguhan dalam mengikuti ritual ini sampai selesai serta menjaga dan mempersiapkan Karya ini dengan sebaik-baiknya. 

Sementara itu Inspektur Kabupaten Tabanan Gusti Ngurah Supanji, menambahkan, kegiatan karya haruslah dilaksanakan dengan riang gembira, bersama-sama dan tulus ikhlas. Hal tersebut tentunya agar memberikan dampak rasa saling memiliki, terutama terhadap bangunan di tempat kita bekerja, dan mampu meningkatkan semangat serta etos kerja di kalangan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

"Kita semua, disarankan oleh Bapak Bupati untuk melaksanakan Karya dengan riang gembira. Jadi apapun kegiatan yang bersifat riang gembira itu nanti bisa disebarluaskan di kalangan OPD. Jadi, timbul rasa saling memiliki. Saya berharap, hari ini kita dibantu oleh Desa Adat Kota, mari kita tingkatkan rasa memiliki Karya ini," jelas Ngurah Supanji.

Dia juga memastikan, para OPD di bawah Pimpinan Sekda akan ikut meninjau dan berkontribusi, juga bersama-sama mekemit agar sinergi dan semangat dalam membangun akan terus terjaga dengan baik. "Upacara ini langka, maka bersyukurlah kita bisa melihat, menyaksikan dan ikut serta dalam prosesnya. Dalam Prosesi berikutnya, saya harap bapak dan ibu juga senantiasa terlibat," harap Supanji. @des 

Komentar