nusabali

Duwika, Guru SMKN Bebandem Dinobatkan sebagai Guru SMK Inspiratif Nasional 2023

  • www.nusabali.com-duwika-guru-smkn-bebandem-dinobatkan-sebagai-guru-smk-inspiratif-nasional-2023

AMLAPURA, NusaBali - Guru Seni dan Budaya SMK Negeri Bebandem, Karangasem, I Nyoman Duwika Adi Ana dinobatkan sebagai guru SMK Inspiratif Tingkat Nasional 2023.

Penghargaan dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi tersebut diserahkan kepada guru yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yakni guru dan tenaga kependidikan yang inovatif, dedikatif, inspiratif.

“Ada tiga guru SMK dinobatkan sebagai guru inspiratif nasional, termasuk saya,” kata Duwika ditemui di ruang kerjanya, SMKN 1 Bebandem, Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Jumat (1/12).

Penghargaan diserahkan serangkaian Hari Guru Nasional pada Sabtu (25/11) di Jakarta.

Syarat untuk mengikuti seleksi tersebut antara lain, para peserta wajib memiliki akun belajar.id dengan mengunggah video karyanya ke dalam platform merdeka mengajar (PMM).

Khusus untuk guru inspiratif, wajib melakukan aksi nyata yang direkam dalam video. Karya video pembelajaran peserta dikirim ke PMM. Video berupa aktivitas belajar mandiri, dengan menyelesaikan minimal satu topik disertai aksi nyata yang telah lulus validasi.

Duwika melakukan pembelajaran aksi nyata yang divideokan, disertai karya inovasi berupa video animasi. “Saya kirim video pembelajaran, juga menyertakan video animasi. Dalam video animasi itu menjelaskan maksud dari pembelajaran,” ucapnya.

Dalam video animasi yang dibuatnya ada percakapan dengan tokoh, Komang dan Koming, yang menerangkan aksi nyata pembelajaran yang tengah berlangsung. Yang didiskusikan oleh tokoh Komang dan Koming antara lain ‘mengapa kurikulum selalu berubah’.

“Salah satu inovasi yang saya buat berupa animasi lagu Pelajar Pancasila,” ucap Duwika.

Setelah seluruh karya peserta se-Indonesia terkumpul, dewan juri memutuskan 5 karya terbaik berhak masuk final. Selanjutnya dewan juri melakukan wawancara dengan lima finalis melalui zoom, hingga tersaring tiga guru inspiratif.

Ketiga guru inspiratif nasional 2023 adalah I Nyoman Duwika Adi Ana guru SMKN 1 Bebandem, Adrian Sea Saka guru SMK ST Ignasius One Seven Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Yusron Mubarok guru SMKN 1 Bukateja, Kabupaten Purbalinga, Jawa Tengah.

“Gelar guru inspiratif ini menginspirasi dalam menstimulasi dan menggerakkan peserta didik dan teman sejawat untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat,” kata alumnus Pendidikan Seni Rupa Undiksha Singaraja 2007 dan Administrasi Pendidikan Undiksha Singaraja 2014. 7 k16

Komentar