nusabali

Jembrana Raih Penghargaan Kabupaten Sehat 2023

  • www.nusabali.com-jembrana-raih-penghargaan-kabupaten-sehat-2023

NEGARA, NusaBali - Jelang pengunjung tahun, Kabupaten Jembrana kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Teranyar, Jembrana dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat Tahun 2023. Penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) diterima oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Selasa (28/11) malam.

Penghargaan Kabupaten Sehat itu, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro, beserta sejumlah pejabat di Kementerian Kesehatan dan Kemendagri.

Sebelumnya, Kabupaten Jembrana telah melalui beberapa tahapan verifikasi, mulai dari verifikasi administrasi hingga verifikasi lapangan yang dilaksanakan langsung oleh tim pusat. Hasilnya, Jembrana dinilai telah memenuhi 7 tatanan kabupaten/kota sehat. Di antaranya tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan tertib lalu lintas dan sarana pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Bupati Tamba mengatakan, penghargaan Kabupaten Sehat kepada Jembrana ini, merupakan hasil kerja keras semua pihak dalam mewujudkan tatanan kehidupan yang sehat di berbagai sektor. Menurutnya, kesadaran dan peran serta masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan, juga menjadi faktor yang sangat penting dalam penilaian Kabupaten Sehat ini. "Ini semua kerja keras bersama jajaran Pemda dan masyarakat Jembrana," ujarnya.

Bupati Tamba menambahkan, predikat sebagai Kabupaten Sehat ini pun menjadi landasan penting dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat maupun wisatawan. Penghargaan ini juga dinilai menjadi modal untuk mewujudkan Jembrana Emas 2026. "Tentu ini adalah dasar untuk kita menuju Jembrana Emas 2026. Di mana semua sektor telah memenuhi kriteria sebagai Kabupaten Sehat dan siap menerima kunjungan wisatawan," ucap Bupati Tamba. 7ode

Komentar