nusabali

Lowongan Direktur Perumda Tribhuwana Sepi Peminat

  • www.nusabali.com-lowongan-direktur-perumda-tribhuwana-sepi-peminat

Hanya ada dua pelamar dari ketentuan minimal tiga orang untuk diselenggarakannya proses seleksi.

NEGARA, NusaBali
Lelang calon Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tribhuwana, Kabupaten Jembrana, masih sepi peminat. Hingga tiga kali pengumuman atau dua kali perpanjangan pendaftaran, baru ada dua orang pelamar memenuhi syarat. Padahal untuk melanjutkan seleksi dibutuhkan minimal tiga pelamar memenuhi syarat.  

Saat pengumuman pertama pada pada Selasa (17/10) hingga Selasa (31/10) lalu, sebenarnya sudah ada tiga orang pelamar. Namun dari ketiga pelamar tersebut, hanya satu orang yang memenuhi syarat administrasi sehingga dilakukan pengumuman ulang atau perpanjang pendaftaran pertama per Selasa (7/11) hingga Rabu (15/11) lalu. 

Sayangnya, selama 9 hari masa perpanjangan pendaftaran yang pertama itu nihil pelamar. Kemudian pengumuman yang ketiga atau perpanjangan pendaftaran yang kedua, dibuka selama 9 hari per Kamis (11/11) hingga Jumat (24/11). Dari perpanjangan pendaftaran yang ketiga itu, ada tambahan satu pelamar memenuhi syarat. 

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Direksi Perumda Tribhuwana, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Minggu (26/11), membenarkan baru ada dua pelamar memenuhi syarat selama tiga kali pengumuman pendaftaran tersebut. Karena masih kurang satu pelamar, pihaknya berencana akan kembali mengadakan perpanjang pendaftaran yang ketiga per Senin (27/11). "Rencana kita perpanjang lagi 5 hari," ujarnya. 

Ngurah Sumber mengatakan, jelang penutupan perpanjangan pendaftaran yang kedua beberapa waktu lalu, juga ada tiga orang calon pelamar yang sempat berkonsultasi dengan Pansel. Dirinya pun memperkirkan ketiga orang itu bisa saja akan mendaftar saat pendaftaran kembali diperpanjang. "Mudah-mudahan saja nanti sudah terpenuhi tiga pelamar," ucap Ngurah Sumber.

Jika sampai batas akhir perpanjangan pendaftaran yang ketiga juga belum mendapat tiga pelamar, Ngurah Sumber mengaku, ada rencana mengevaluasi syarat calon pelamar. Terutama evaluasi terhadap syarat pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim, yang dinilai menjadi salah satu hambatan calon pelamar. 

"Mungkin nanti syarat minimal pengalaman kerja bisa dikurangi. Tapi kita tunggu dulu setelah pengumuman yang keempat (perpanjang pendaftaran ketiga)," kata Ngurah Sumber yang Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Jembrana ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, seleksi direksi Perumda Tribhuwana ini dibuka untuk umum. Namun ada beberapa syarat khusus dalam seleksi ini. Seperti syarat pendidikan minimal S-1 (Strata Satu) dan syarat usia minimal dan maksimal 35-55 tahun saat mendaftar pertama kali. Di samping itu, ada syarat pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim. 

Syarat lainnya, tidak pernah menjadi Direksi, Dewan Pengawas atau Komisaris yang dinyatakan bersalah sehingga menyebabkan badan usaha dinyatakan pailit. Ada juga syarat tidak pernah dihukum karena tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah. Kemudian tidak sedang menjalani sanksi pidana dan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon Kepala Daerah atau calon Wakil Kepala Daerah dan atau calon anggota legislatif. 7ode

Komentar