nusabali

Pelamar PPPK Tak Ikuti Tes CAT Otomatis Gugur

  • www.nusabali.com-pelamar-pppk-tak-ikuti-tes-cat-otomatis-gugur

TABANAN, NusaBali - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi atau tes CAT (Computer Asisted Test) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Tabanan telah berakhir.

Tes yang dilakukan sejak 21 sampai 22 November 2023 untuk pelamar yang tes di ITB STIKOM Bali enam peserta tidak hadir dari 1.722 peserta. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Made Kristiadi Putra mengatakan enam peserta yang tidak hadir ini karena terbentur dengan jadwal mereka bekerja. "Mereka yang tidak hadir kebanyakan dari pelamar umum. Dan statusnya otomatis gugur," ujarnya, Rabu (22/11). 

Menurutnya tes dilaksanakan selama dua hari. Tes CAT ada yang mengikuti di Bali dan luar Bali. Kalau peserta yang mengikuti tes di luar Bali sebanyak 276 orang. "Peserta kita yang dari Tabanan ada juga pindah lokasi tes satu orang," akunya. 


Dia berharap dengan adanya rekrutmen ini seluruh tahapan berjalan lancar. Serta seluruh formasi bisa terpenuhi.  

Untuk PPPK tahun 2023 ini hanya untuk kategori PPPK khusus dan PPPK Umum. Dimana untuk PPPK Khusus merupakan program seleksi pendaftaran PPPK yang ditujukan untuk pelamar tenaga non-ASN.

Tenaga non-ASN adalah pegawai yang melamar pada instansi pemerintah tempat bekerja saat mendaftar dan memiliki pengalaman kerja paling sedikit dua tahun secara terus-menerus pada instansi pemerintah yang dilamar. 

Sementara PPPK umum adalah program seleksi pendaftaran PPPK yang ditujukan untuk pelamar umum, yaitu yang merupakan pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria pelamar khusus.

"Komposisinya PPPK Khusus itu 80 persen dan PPPK Umum 20 persen, tentu kami harapkan kuota yang diberikan ke Tabanan bisa terpenuhi," tandas Kristiadi.

Seperti diketahui hasil dari seleksi administrasi 1.998 orang yang mengikuti tes CAT dari jumlah formasi 1.876 terdiri dari Guru 806 dan Tenaga Kesehatan 1.070. 7des

Komentar