nusabali

Bawaslu Siap Kawal Pemilu 2024

Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye

  • www.nusabali.com-bawaslu-siap-kawal-pemilu-2024
  • www.nusabali.com-bawaslu-siap-kawal-pemilu-2024

DENPASAR, NusaBali - Untuk memastikan kesiapan jajaran pengawas pemilu dalam mengawasi tahapan kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 mendatang, Bawaslu Bali menggelar ‘Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024’ di lapangan Bajra Sandhi Niti Mandala Renon, Senin (20/11). Bawaslu menegaskan siap mengawal perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024.

Kegiatan ‘Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye 2024’ diikuti ratusan personil  pengawas pemilu yang terdiri dari Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota hingga jajaran Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan se-Bali. Hadir juga perwakilan Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Dalam apel siaga tersebut juga dilakukan pelepasan balon berwarna  secara bersama-sama oleh Forkompinda sebagai makna bahwa semua harus melepas kepentingan pribadi dalam perhelatan pemilu nanti. 

Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Putu Agus Tirta Suguna yang bertindak sebagai inspektur upacara menyerukan kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu se-Provinsi Bali untuk melakukan pengawasan dengan maksimal, karena tugas dan fungsi pengawasan yang dilakukan sudah diamanatkan secara khusus oleh Undang-undang.

“Lakukan pengawasan dengan maksimal, karena sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, bahwa kita (Bawaslu,red) diberikan kewenangan dalam melakukan pengawasan pemilu,” ujarnya di hadapan ratusan peserta Apel Siaga.


Agus Suguna kemudian menekankan agar seluruh jajaran pengawas di Provinsi Bali dapat menjaga integritas dan juga netralitas. Menurutnya jajaran pengawas harus dapat menjadi contoh yang baik untuk masyarakat sebagai salah satu implementasi dari tagline yang digaungkan Bawaslu.

“Jaga integritas dan netralitas sebagai pengawas pemilu, tunjukan bahwa kita layak memberikan contoh kepada masyarakat sesuai dengan tagline kita, Bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” tegas Suguna.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra mewakili Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, memberikan apresiasi atas kegiatan apel siaga kemarin. Dewa Indra berharap Bawaslu dapat berperan sebagai wasit dalam pemilu nanti dengan bersikap adil kepada seluruh peserta pemilu dan sigap memberikan punishment (sanksi) jika ada peserta pemilu yang melanggar.

“Saya berharap Bawaslu mengawasi jalannya pemilu secara berintegritas. Bawaslu ini ibarat wasit, harus adil melihat seluruh pemain, selain itu Bawaslu harus memiliki kemampuan untuk memberikan punishment yang tepat jika menemukan suatu pelanggaran,” tegas Dewa Indra.n nat

Komentar