nusabali

Program Sibertani SMPN 5 Kuta Selatan Panen Perdana

  • www.nusabali.com-program-sibertani-smpn-5-kuta-selatan-panen-perdana

MANGUPURA, NusaBali - Program Siswa Belajar Bertani (Sibertani) di SMPN 5 Kuta Selatan, membuahkan hasil. Program Sibertani yang dikembangkan di lingkungan sekolah, seperti cabai, tomat, dan terong, akhirnya panen perdana pada Senin (20/11).

Pada panen perdana kemarin, spesial dihadiri langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa. Turut mendidampingi Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, Perbekel Desa Kutuh I Wayan Mudana, Kepala SMPN 5 Kutsel I Ketut Suardana beserta para guru dan siswa.

Adi Arnawa pada kesempatan tersebut mengaku senang ikut memanen hasil pertanian yang dikembangkan di SMPN 5 Kuta Selatan. Dia pun memuji keseriusan SMPN 5 Kuta Selatan mengembangkan program Sibertani, walaupun tanahnya tandus ternyata masih bisa diberdayakan.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk menumbuhkan semangat anak-anak supaya mau menjadi petani modern ke depan. Kita mulai bergerak melalui program Bapak Bupati, bagaimana bergerak di hulu, salah satunya adalah bagaimana kita mendorong dan mendukung untuk peningkatan produksi,” ujarnya.

“Saya harap semua sekolah yang ada di Badung agar seperti itu, dalam rangka membantu untuk ketersediaan daripada produksi pangan kita. Mudah-mudahan kondisi ini juga bisa diterapkan di sekolah lain yang ada di Badung,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala SMPN 5 Kuta Selatan l Ketut Suardana, mengatakan lahan yang pergunakan untuk program Sibertani seluas 1 are lebih. Lahannya, kata dia, terletak di belakang sekolah.

“Kami bersama teman-teman dan anak-anak langsung memasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Sibertani. Ini sebagai istilah Kurikulum Merdeka yang namanya proyek Profil Pelajar Pancasila dan ada aksinya melalui menanam, persiapan lahan, memelihara sampai memanen,” ujar Suardana. 7 asa

Komentar