nusabali

Ranking FIFA Indonesia Terancam Melorot

Dilarang Ulangi Kesalahan Individu

  • www.nusabali.com-ranking-fifa-indonesia-terancam-melorot

Saya mengingatkan kembali kepada para pemain, agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti mulai gol pertama ke gol ketiga saat lawan Irak.

MANILA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memompa semangat tim asuhannya saat melawan Filipina dalam laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran kedua, di Manila, Selasa (21/11) besok. Ya, Shin meminta pemain Timnas senior tidak mengulangi kesalahan seperti saat dikalahkan Irak 1-5 dalam laga perdana, Kamis (16/11) lalu.

Saat dikalahkan Irak (tim peringkat 68) dunia dengan skor telak 1-5, tiga gol awal dari lima gol yang bersarang ke gawang Garuda adalah hasil kesalahan individual. Karena itu, saat memimpin latihan perdana di Filipina, Sabtu (18/11), Shin mengingatkan tim asuhannya untuk fokus agar dapat menghindari kesalahan individual.

“Jadi yang namanya sepak bola, bisa menang dan juga kalah, tetapi memang banyak faktor yang menyusahkan kita, mulai dari waktu, jet lag, dan lain-lain. Untuk itu saya mengingatkan kembali kepada para pemain, agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti mulai gol pertama ke gol ketiga saat lawan Irak,” kata Shin, di laman resmi PSSI, Minggu (18/11).

Menurut Shin, tim Indonesia kemasukan gol, jadi pemain pun paham, dan mengerti apa yang harus dilakukan sebelum lawan Filipina. Shin akan mempersiapkan pertandingan lebih baik.

Terkait laga lawan Filipina, Shin melihat ada potensi merebut tiga poin. 

Hal ini dikarenakan tim peringkat 132 dunia itu pada laga perdana juga dikalahkan Vietnam 0-2 di kandang sendiri. Selain itu, Filipina adalah tim Asia Tenggara yang sering ditemui di Piala AFF sehingga kekuatannya tidak beda jauh dan sudah diketahui sebelumnya.

“Kami akan mempersiapkan tim ini lebih menyerang, agar kita memenangkan pertandingan nanti. Kita pun akan menyesuaikan situasi laga nanti dan tentu akan mempersiapkan tim dengan baik," ucap Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu memfokuskan latihan perdana di Filipina untuk pemulihan fisik dan adaptasi rumput lapangan Stadion Rizal Memorial, tempat berlangsungnya laga, yang berjenis sintesis.

"Setelah lawan Irak, kami ke Filipina. Kami seharian di jalan. Kondisi para pemain letih dan lelah. Namun, saya akan mempersiapkan skuad dengan baik," kata pelatih asal Korea Selatan ini.

Indonesia harus menang saat lawan Filipina. Hal itu agar terus bersaing di Grup F dan terhindar dari penurunan di ranking FIFA. Usai kalah dari Irak, poin Indonesia dikurangi 6,37 dalam peringkat ranking FIFA. Kini, Indonesia punya 1063,45 poin.

Jika kalah dari Filipina, poin Indonesia akan kembali dikurangi. Bahkan, pengurangan poin untuk Indonesia bakal lebih banyak dibanding saat kalah dari Irak. Yakni, dikurangi hingga 11,94. Dengan skenario kalah, poin Indonesia jadi 1051,51. Indonesia akan melorot ke posisi 148, tertinggal dari Botswana yang punya 1055,85 poin.

Jika menang lawan Filipina, Indonesia mendapat tambahan 13,06 poin dan punya 1076.51 poin. Poin tersebut membawa naik naik ke posisi 143 dalam ranking FIFA. ant

Komentar