nusabali

Anies Nomor Urut 1, Prabowo 2, Ganjar 3

Ganjar Langsung Salam Metal, Nomor 3 Persatuan Indonesia

  • www.nusabali.com-anies-nomor-urut-1-prabowo-2-ganjar-3

Pasangan Amin meminta agar semua paslon bermain sportif, sedangkan Capres Prabowo percaya KPU bisa melaksanakan pemilu dengan jujur, tanpa kecurangan

JAKARTA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3 sebagai peserta Pemilu 2024.

Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/11) malam.

"Dengan demikian, nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut tiga untuk pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md," kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. KPU menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres pada Pemilu 2024.


Foto: Cawapres Muhaimin Iskandar (kanan), Cawapres Gibran Rakabuming Raka (kiri), dan Cawapres Mahfud MD (tengah) saat mengambil nomor undian nomor urut. -ANTARA

Bagi Prabowo, hasil pengundian nomor urut kali ini sama dengan Pemilu 2019 yang saat ia berpasangan dengan Sandiaga Uno. Nomor urut tersebut akan dipakai masing-masing pasangan capres-cawapres selama kampanye hingga hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Acara pengundian nomor urut dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang didampingi anggota KPU lain. Dalam acara ini, ketiga pasangan capres-cawapres didampingi para ketua umum dan elite parpol pengusung dan pendukung.

Masing-masing pasangan Capres-Cawapres diberi kesempatan menyampaikan sambutannya usai penetapan nomor urut. Giliran pertama, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang mendapatkan nomor urut 1 mengajak pasangan Capres-Cawapres lainnya agar berkompetisi di 2024 secara sportif.

Hal itu disampaikan oleh Cawapres Cak Imin. Dia mulanya berbicara terkait tahapan pemilu yang telah selesai pada tahap pengambilan nomor urut. "Kita sangat berbahagia dan bersyukur bahwa akhinrya masing masing calon presiden dan calon wakil presiden telah menyiapkan diri dengan baik sehingga kita sampai pada satu tahap, berkomitmen untuk melaksanakan pemilu dengan semangat penuh riang gembira dan sekaligus kita ingin bersama-sama mengisi pemilu dengan gagasan, ide, cita-cita, dimulai dari track record rekam jejak dan berbagai visi misi yang telah kita miliki masing-masing secara lengkap," kata Cak Imin.

Cak Imin pun memastikan setelah ini Timnas AMIN akan langsung bergerak dan berkompetisi secara sehat dan suportif. Dia juga berharap agar Pemilu 2024 berjalan dengan luber-jurdil. "AMIN menganggap bahwa kita telah miliki kesempatan untuk terus menjaga agar Pemilu berlangsung dengan langsung, umum, bebas, dan rahasia, dilaksanakan dengan penuh kejujuran, keterbukaan, dan kebersamaan," ucapnya.

Cak Imin meminta agar paslon lain yakni Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud juga menganggap Pemilu 2024 seperti pertandingan sepak bola. Dia minta agar semua paslon bermain secara sportif. "Kepada seluruh masyarakat, rakyat, Bangsa Indonesia, lihatlah Pemilu ibarat seperti kompetisi pertandingan sepak bola, kita ingin saksikan tim masing-masing capres-cawapres bermain secara sportif, dan bermain secara terbuka, sehingga ibaratnya rakyat harus menikmati pemilu tahun ini dengan penuh riang gembira dan kebersamaan, serta kekeluargaan, berkompetisi tapi tetap berkeluarga dan bersaudara," ujarnya.

Sementara Capres Prabowo Subianto dalam sambutannya yakin Pemilu 2024 akan terlaksana dengan baik. Prabowo percaya KPU bisa melaksanakan pemilu dengan jujur dan tanpa kecurangan. "Kita percaya dan yakin KPU akan melaksanakan proses pemilu dengan sebaik-baiknya, dengan sejujurnya, dengan seadil-adilnya, tanpa kecurangan apapun," ujar Prabowo didampingi Cawapres Gibran. Prabowo menyebut bila ada kecurangan, maka sama saja mengkhianati rakyat. "Karena kalau melaksanakan pemilu yang curang, mengkhianati bangsa dan rakyat Indonesia," tambahnya.

Pada sambutannya, Prabowo menyapa sejumlah tokoh. Salah satunya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Ketua umum partai-partai politik yang hadir. Presiden Republik Indonesia ke-5 yang saya hormati beserta seluruh ketua, sekjen partai-partai politik," kata Prabowo. Prabowo lanjut menyapa pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Anies-Muhaimin mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Ganjar-Mahfud mendapatkan nomor urut 3. "Kemudian juga pasangan calon nomor satu dan nomor 3 yang saya hormati dan saya banggakan," ujar Prabowo.

Terakhir Capres Ganjar Pranowo mengaku senang mendapatkan nomor urut 3. Dia mengaitkan nomor urut 3 dengan sila ketiga Pancasila. "Jadi kita mendapatkan nomor 3 itu pas sesuai dengan sila ketiga persatuan Indonesia," kata Ganjar didampingi Cawapres Mahfud MD. Dia mengatakan dalam pemilu ini seluruh masyarakat Indonesia dipersatukan. Namun, dia menyinggung kontestasi pemilu terganggu.

"Kita satukan semua dalam proses politik yang menggembirakan, itulah kegembiraan yang seharusnya kita dapatkan. Tapi beberapa hari ini kita disuguhkan untuk menonton drakor yang sangat menarik. Drama-drama itulah yang sebenarnya tidak perlu terjadi," ujar dia. Politikus PDIP itu pun mengatakan ada banyak pihak yang mengkritik proses menuju pemilu.

"Dan malam ini kita sedang memulai sesuatu perayaan demokrasi melalui pemilu namun situasi belakangan ini kita mendengarkan banyak pihak. Kita menangkap suasana kebatinan yang muncul dari masyarakat ada tokoh agama, ada guru bangsa, ada seniman, ada budayawan, ada teman-teman jurnalis, pemred, aktivis," ucap dia dilansir detik.com.

Ganjar juga menyinggung soal situasi belakangan yang banyak ‘drakor’. Dia mengungkapkan demokrasi harus terjaga dengan baik, walaupun belakangan ini demokrasi berjalan tidak baik-baik saja. “Demokrasi akan mengikuti arah bathin. Tak bisa dibendung. Kesepakatan ini harus kita jaga bersama,” ujarnya. Gubernur Jawa Tengah dua periode ini pun meminta masyarakat melaporkan praktik-praktik yang menciderai demokrasi. “Kontestasi ini bukan persoalan Ganjar, Mahfud, atau persoalan kekuasaan, tapi persoalan masa depan Indonesia yang mesti kita jaga bersama,” tegasnya.

Sedangkan setelah mendapatkan nomor urutan ketiga, Ganjar spontan memberikan simbol tangan metal di depan para hadirin yang datang. Untuk diketahui, PDIP tak hanya identik dengan logo banteng, namun salam metalnya yang turut diperlihatkan saat Rakernas. Salam metal ini sendiri sudah menjadi ciri khas dari PDIP sejak lama. Tak jarang, para kader PDIP menunjukkan salam metal ini di dalam event besar.

Sebelumnya, pada Senin (13/11), KPU menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024, yakni Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024. 7 ant

Komentar