nusabali

Upaya Bunuh Diri Siswi SMP Digagalkan

  • www.nusabali.com-upaya-bunuh-diri-siswi-smp-digagalkan

KJ minum racun serangga kemudian muntah-muntah dan memanggil ayahnya untuk minta tolong. Kondisinya berangsur membaik, namun enggan menjelaskan latar belakang aksinya.

AMLAPURA, NusaBali
Upaya Ni KJ, 14, siswi kelas IX SMP negeri di Kecamatan Selat, Karangasem, untuk mengakhiri hidupnya dengan minum racun serangga digagalkan ayah kandungnya. Saat Ni KJ beraksi, ayahnya yang sedang ada di rumah, mendengar anaknya muntah-muntah kemudian membawanya ke Puskesmas Selat, selanjutnya dirujuk ke RSUD Karangasem. 

Ni KJ, anak kedua dari dua bersaudara, diketahui minum racun serangga pada Sabtu (2/1) sekitar pukul 16.30 Wita. Setelah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Selat, Ni KJ dikirim ke RSUD Karangasem. 

Ayah kandungnya, I Wayan Sukidarma, 43, menuturkan hal itu saat ditemui di ruang perawatan Lantai III Gedung Wijaya Kusuma RSUD Karangasem, Minggu (3/1). Sukidarma yang sehari-hari sebagai tukang pijat tradisional, ini menuturkan, sore itu dirinya tengah memijat pasien di kamar yang bersebelahan dengan kamar korban. Saat itu didengarnya suara orang muntah-muntah, dan Ni KJ memanggil ayahnya meminta tolong. Sukidarma bersama pasiennya bergegas menemui Ni KJ yang saat itu dalam kondisi lunglai.

Sore itu pasien tersebut langsung membonceng Ni KJ dan ayahnya dengan satu sepeda motor menuju Puskesmas Selat. Dari Puskesmas Selat, mereka diminta ke RSUD Karangasem untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.
Mengenai motif siswi tersebut nekat hendak bunuh diri, belum diketahui pihak keluarganya. Ibu kandung maupun ayah kandungnya belum mendapatkan gambaran mengenai latar belakang masalah menimpa putrinya.

Kondisi Ni KJ mulai membaik. Dia bersedia makan disuapi ibunya. “Saya sama sekali tidak mengetahui masalah menimpa anak saya. Selama ini rajin ke sekolah, rajin les. Sementara saya belum berani menanyakan kepada anak saya mengenai masalah yang menimpanya,” ujar Sukidarma.

Belakangan, kata Sukidarma, anaknya menderita sakit ulu hati, sering dipijat dan diberi jamu, sakitnya berangsur hilang. “Saya pikir sakit ulu hatinya kambuh, yang disertai muntah-muntah, ternyata saya temukan ada sebotol racun serangga di kamarnya,” kata Sukidrama.

Tersiar isu, korban tengah hamil, Sukidarma belum berani membenarkan isu tersebut. “Sebab, belum menjalani pemeriksaan lebih detail mengenai hal itu,” katanya.

Korban Ni KJ saat dikonfirmasi, hanya senyum-senyum. “Kepala saya tidak pusing lagi, saya sudah bisa makan,” jelasnya.
Mengenai latar belakang dirinya sehingga nekat minum racun, dia menolak menjelaskan. 7 k16

Komentar