nusabali

Plt Bupati Ingatkan OPD Antisipasi Stunting

Sosialiasi dan Peningkatan Kapasitas KPM

  • www.nusabali.com-plt-bupati-ingatkan-opd-antisipasi-stunting

SEMARAPURA, NusaBali - Plt Bupati Klungkung I Made Kasta membuka sosialisasi pengoperasian web human development worker dan peningkatan kapasitas kader pembangunan manusia (KPM).

Sosialisasi ini diadakan dalam rangka percepatan penurunan stunting di hotel kawasan Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (13/11). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan dan menyelamatkan kualitas pelaksanaan program percepatan penurunan stunting di tingkat kabupaten dengan keluaran dan manfaat yang jelas.

Jumlah kasus stunting di Kabupaten Klungkung dari 19,40% sudah turun menjadi 7,7%. Namun patut waspadai kasus-kasus stunting baru. “Patut menjadi perhatian kita bersama agar penderita stunting tidak bertambah,” ujar Bupati Kasta. Pj Bupati menekankan agar OPD yang menangani stunting menyatukan pikiran dan bersinergi, serta tidak saling lempar tanggung jawab. Bekerja lebih maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Upaya percepatan penurunan stunting telah disusun strategi nasional yang bertujuan menurunkan prevalensi stunting. Meningkatkan kualitas kehidupan berkeluarga. Menjamin pemenuhan asupan gizi. Memperbaiki pola asuh, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta meningkatkan akses air minum dan sanitasi. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung, Wayan Suteja mengatakan, sosialisasi diikuti 150 orang peserta. Materi berupa mekanisme penganggaran kegiatan konvergensi penurunan stunting di desa. @ wan

Komentar