nusabali

BVA : Ramai Bookingan Vila Jelang Nataru

  • www.nusabali.com-bva-ramai-bookingan-vila-jelang-nataru

DENPASAR, NusaBali - Ketua Bali Villa Association (BVA) Bali, Putu Gede Hendrawan atau Jro Hendrawan mengatakan bookingan vila untuk liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah ramai. Walau tidak detil, namun bookingan  kamar vila sudah di atas 80 persen, khusus untuk periode Nataru.

Karenanya, memasuki Nataru, okupansi vila diyakini  rata-rata 90 persen sampai full atau 100  persen. “Apalagi ini liburan seluruh dunia. Jadi bisa jadi  penuh nanti,” ujarnya Senin (13/11).

Tingkat hunian maksimal vila, mengulangi siklus tahunan. Kecuali, pada masa pandemi 2020-2021, karena pariwisata terhenti, hunian vila juga nyaris nihil.

“Sebagaimana kita ketahui, karena pada waktu pandemi pariwisata kan mandeg,” jelas praktisi pariwisata asal Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Menurut Jro Hendrawan, wisatawan manca negara (wisman) mendominasi penyewaan vila dibandingkan dengan wisatawan domestic (domestik). Perbandingannya 60:40 persen. Dari 60 persen wisman tersebut, sebagian besar wisman asal  Australia.

“Dimana-mana memang demikian, wisman Australia yang paling ramai,” terangnya. 

Suasana yang lebih privasi, karena seperti di rumah sendiri, space atau suasana lebih luas  menjadi  salah satu alasan mengapa vila banyak  dipilih wisatawan  menikmati liburan Nataru.

Karena memang banyak yang menikmati liburan Nataru adalah  family tour atau liburan keluarga. Couple atau pasutri dengan anak-anak dan anggota keluarga yang lain.

Masa tinggal wisatawan di villa  rata-rata 3-5  malam. Ada yang memang  yang tinggal sampai 7 malam. Namun secara rata-rata adalah 3-5 malam.

Sedang pada pertengahan November ini hunian vila antara 60-65 persen. Menurut Jro Hendrawan angka okupansi itu juga merupakan pengulangan pada periode sebelum pandemi.

Rata-rata hunian vila (juga) hotel mengalami penurunan, karena November  adalah periode low season. “Namun masih stabil,  tetap di atas 50 persen,”  ucapnya. k17

Komentar