nusabali

Pemkab Jembrana Ikuti Upacara Abhiseka Candi Prambanan Ke-1.167

  • www.nusabali.com-pemkab-jembrana-ikuti-upacara-abhiseka-candi-prambanan-ke-1167

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana turut serta dalam prosesi Upacara Abhiseka Candi Prambanan ke-1.167 yang berlangsung di halaman utama Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (12/11).

Abhiseka Candi Prambanan sendiri adalah upacara penyucian dan peringatan diresmikannya Candi Prambanan pertama kali oleh Rakai Pikatan Diah Seladu pada Wualung Gunung Sang Wiku atau pada tahun 856 Masehi silam. 

Upacara Abhiseka diawali prosesi mengarak iring-iringan pralingga Siwa dan prasarana upacara dari Candi Wisnu Sakti, melewati Candi Sewu, Wulung Bubrah, sebelum menuju komplek Candi Utama Brahma-Wisnu-Siwa. Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang memimpin rombongan pejabat Pemkab Jenbrana, mengikuti seluruh rangkaian prosesi dari awal hingga akhir. 

Turut serta hadir Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi bersama para pimpinan dan anggota DPRD Jembrana, sejumlah pejabat Pemkab Jembrana serta jajaran Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jembrana. Selain itu, Jembrana juga menghaturkan tari dan tabuh untuk mengiringi upacara tersebut.


Dalam upacara tersebut, ada dihaturkan beberapa sesajen hasil bumi serta hasil laut yang juga persiapkan melalui ritual khusus. Kemudian diadakan prosesi pradaksina lingga beserta piranti upacara dengan mengelilingi seluruh areal candi. Setelah prosesi pradaksina dan penurunan lingga dari seluruh seluruh candi, dilanjutkan prosesi pensucian memandikan lingga dengan air suci dari 11 sumber mata air dari candi yang ada di Jawa Tengah. 

Upacara Abhiseka ini dipuput 10 sulinggih yang ditugaskan pihak Panitia Abhiseka Candi Prambanan. Bupati Tamba bersama Ketua PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya, Ketua DPRD Jembrana Sri Sutharmi dan sejumlah pejabat Pemkab Jembrana, turut ambil bagian saat prosesi pemandian lingga Siwa. Setelah penyucian, dilanjutkan pembagian tirta kepada seluruh pamedek.

Usai acara, Bupati Tamba mengaku merasa sangat bersyukur dapat mengikuti upacara abhiseka di Candi Prambanan ini. "Kita mengajak seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Jembrana ikut berbaur bersama masyarakat di Klaten, mengikuti prosesi abhiseka ini. Tadi sudah dari mengarak lingga Siwa, penyucian serta nunas amerta sudah diikuti. Astungkara berjalan khidmat dan lancar," ujarnya. 


Menurut Bupati Tamba, makna dari Upacara Abhiseka ini juga untuk menunjukkan kebersamaan umat Hindu di tanah air. Dirinya pun berharap keikutsertaan rombongan Pemkab Jembrana dalam Upacara Abhiseka ini membawa berkah kepada masyarakat Jembrana. 

"Spirit kebersamaan ini akan kita bawa ke Jembrana, agar umat Hindu selalu bersatu. Spirit ini juga pertanda kejayaan kebahagian Indonesia. Termasuk sebagai spirit menuju Jembrana Bahagia, Jembrana Emas 2026," ujar Bupati Tamba. 7ode

Komentar