nusabali

Pengajuan Izin Usaha Kelontong Membeludak di Tabanan

  • www.nusabali.com-pengajuan-izin-usaha-kelontong-membeludak-di-tabanan

TABANAN, NusaBali - Penerbitan izin usaha atau Nomor Induk Berusaha (NIB) di Tabanan membludak. Sejak Januari hingga per tanggal 10 Oktober 2023 khusus toko eceran atau kelontong mencapai 637 NIB. Jumlah tersebut tertinggi dibanding NIB lainnya.

Sementara posisi kedua penerbitan NIB ada pada usaha olahan rumah tangga mencapai 258 dan posisi ketiga adalah warung makan mencapai 200 NIB. Peningkatan penerbitan terjadi diklaim karena mengurusnya lebih mudah. 

Kepala Bidang Pelayanan Perijinan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tabanan I Kadek Suardana Dwi Putra mengatakan tiap bulannya masyarakat yang hendak mengurus NIB memang ramai. "Mereka yang mengurus ada yang datang langsung ke kantor ataupun mengurus saat Dinas Perikanan melakukan layanan jemput bola," ujarnya Minggu (12/11).  


Disebutkan perbandingan penerbitan NIB antara tahun 2022 dan tahun 2023 hampir sama. Sama yang dimaksud penerbitan NIB untuk toko eceran masih menempati posisi tertinggi baik di tahun 2022 dan 2023. "Posisi NIB yang diterbitkan hampir sama. Toko kelontong memang yang banyak menerbitkan," jelasnya. 

Secara umum dari 48 jenis perizinan dan non perizinan yang menjadi leading sector Dinas Perizinan Tabanan, sampai triwulan ketiga atau dari Januari sampai September izin usaha yang terbitkan sudah mencapai 7.443 dari target 5.500. "Kalau di tahun 2022 totalnya mencapai 6.128 dari target 5.500," tandas mantan Kasubag Protokol Setda Tabanan ini. 7des

Komentar