nusabali

Persagi Skrining Penyakit Tidak Menular

  • www.nusabali.com-persagi-skrining-penyakit-tidak-menular

GIANYAR, NusaBali - Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Gianyar menggandeng Dinas Kesehatan melakukan skrining penyakit tidak menular di Alun-alun Kota Gianyar, Sabtu (10/11). Pemeriksaan kesehatan gratis ini serangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023. Ketua Panitia HKN, Dr Koen Virawan mengatakan pelayanan kesehatan melibatkan jajaran Persagi beserta anggota, Tim Kesehatan UPTD Puskesmas Gianyar I, dan tenaga kesehatan lainnya.

Warga Kota Gianyar yang ada di alun-alun nampak antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis. Dr Koen Virawan, Dirut RSU Famili Husada ini memaparkan layanan kesehatan ini merupakan wujud pengabdian masyarakat. Sasarannya pengunjung Alun-alun Kota Gianyar untuk skrining penyakit tidak menular seperti hipertensi, obesitas, diabetes, dan lainnya. Selain itu, juga dibuka pelayanan kesehatan mata dan telinga, serta konseling gizi. “Kegiatan ini salah satu rangkaian kegiatan HKN ke-59 Kabupaten Gianyar, sebelumnya telah dilaksanakan pelayanan kesehatan stunting yang tersebar di 7 kecamatan. Melibatkan dokter spesialis anak dan pemberian makanan tambahan untuk bayi usia dua tahun. “Melibatkan 8 rumah sakit pemerintah dan swasta serta Puskesmas sesuai wilayah kerja,” jelas Dr Koen didampingi Ketua DPC Persagi Gianyar, Dewa Ayu Aridewi Putri SST Gz.

Serangkaian HKN, telah dilaksanakan pelayanan papsmear sebagai deteksi kanker leher rahim dengan dukungan BPJS Kesehatan bagi pegawai di Pemkab Gianyar. Kadis Kesehatan Gianyar Dra Nyoman Ariyuni memaparkan, dominasi masalah kesehatan di masyarakat saat ini mulai bergeser dari penyakit menular ke penyakit tidak menular. Faktor risiko penyakit tidak menular seperti kebiasaan merokok yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, kurang aktifitas fisik menyebabkan menumpuknya lemak, dan mengurangi kebugaran tubuh, kurang mengkonsumsi buah dan sayur, serta konsumsi alkohol yang berdampak pada kesehatan hati, ginjal, dan organ lainnya. 7 nvi

Komentar