nusabali

Gersang, 15 Are Lahan Kebun Terbakar di Kebon

  • www.nusabali.com-gersang-15-are-lahan-kebun-terbakar-di-kebon

NEGARA, NusaBali - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Jembrana. Teranyar, kebakaran lahan kebun terjadi di Lingkungan Kebon, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana pada Jumat (10/11) siang. Kebakaran tersebut menghanguskan lahan seluas 15 are.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan pada Satpol PP Jembrana I Kadek Rita Budhi Atmaja mengatakan, kebakaran lahan kebun itu terjadi pada sekitar pukul 12.20 Wita. Kebakaran di lahan milik warga bernama I Nyoman Alam Suparta, 50, itu pertama kali diketahui warga setempat.

"Awalnya warga sempat mendengar suara ledakan. Setelah dicek, ternyata suara ledakan itu berasal dari pohon bambu yang terbakar di lahan korban," ujar Rita. 

Mengetahui kebakaran itu, salah satu warga langsung menghubungi sang pemilik lahan. Kemudian pemilik lahan menghubungi salah satu anggota Satpol PP Jembrana yang lanjut melapor ke Mako Damkar Satpol PP Jembrana. Setelah menerima laporan itu, regu 2 Damkar yang tugas piket langsung meluncur ke lokasi. 

"Tadi mengerahkan 4 mobil Damkar. Api berhasil dipadamkan setelah dilakukan penyemprotan sekitar 60 menit atau 1 jam. Pemadaman tadi menghabiskan air sekitar 13.000 liter," ujar Rita. 

Menurut Rita, dari total 59 are lahan milik korban tersebut, areal lahan yang terbakar sekitar 15 are. Meski ada beberapa pohon yang hangus, tidak ada laporan kerugian materiil dalam kebakaran tersebut. "Penyebabnya belum diketahui. Namun kondisi lahannya itu memang gersang sehingga ketika ada sumber api mudah terjadi kebakaran," kata Rita. 

Selama beberapa bulan terakhir ini, Rita mengaku, sudah ada puluhan kali kebakaran lahan di Jembrana. Pihaknya pun mengimbau agar warga lebih berhati-hati untuk mencegah kebakaran yang rentan terjadi selama musim kemarau ini. Semisal dengan tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan. 7ode

Komentar