nusabali

Musim Hujan, Bangli Rawan Longsor

Pasca Kebakaran Sejumlah Hutan di Kintamani

  • www.nusabali.com-musim-hujan-bangli-rawan-longsor

BANGLI, NusaBali - BPBD dan Damkar Bangli telah mengeluarkan sejumlah imbauan terkait antisipasi musim hujan mendatang. BPBD mengingatkan potensi ancaman bencana tanah longsor dan pohon tumbang di Bangli.

Kepala BPBD dan Damkar Bangli I Wayan Wardana mengatakan, secara umum berdasarkan prediksi BMKG, musim hujan akan mulai terjadi di Bali pada pertengahan November 2023. Namun demikian, diperkirakan hujan tidak merata dan intensitasnya tidak terlalu lebat. Musim hujan diperkirakan berlangsung hingga Maret mendatang.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, jelas Wardana, ancaman bencana yang terjadi akibat musim hujan yakni tanah longsor dan pohon tumbang. "Ancaman bencana ini dipengaruhi kondisi topografi Bangli yang perbukitan. Selain itu, akibat kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada musim kemarau, tanah menjadi retak-retak dan rawan longsor," jelasnya Kamis (9/11).

Pejabat asal Kelurahan Kawan, Bangli ini, menyikapi dampak cuaca ekstrem pada musim hujan, Pemkab Bangli telah mengeluarkan sejumlah imbauan. Seperti, meminta masyarakat tidak membuang sampah ke saluran air got, selokan, sungai dan danau. Masyarakat agar mengupayakan pembersihan saluran air agar saat hujan tiba, tidak terjadi banjir.

Masyarakat juga agar memangkas dahan/ranting pohon yang membahayakan dan waspada terhadap bahaya longsor. "Masyarakat dan pengguna jalan agar meningkatkan kewaspadaan. Ketika melintas di jalan rawan longsor dan pohon tumbang serta memperhatikan rambu-rambu rawan bencana," sebutnya.

Pihaknya juga mengecek dan memastikan kesiapan personel, alat, sarana, dan prasarana pendukung kebencanaan lainnya dalam keadaan siap pakai. Selain itu, meningkatkan komunikasi serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam upaya pencegahan, mitigasi dan upaya antisipasi bencana maupun saat terjadi bencana. "Kami menyebarluaskan peringatan dini cuaca ekstrim dari BBMKG Wilayah II Denpasar  kepada masyarakat," kata Wayan Wardana.

Ditambahkan, BPBD akan mengadakan rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait. Mulai dari TNI, Polri, PLN, Telkom, Dinas PUPR Perkim, dinas kehutanan dan sebagainya, untuk mengecek kesiapan dan langkah-langkah yang dilakukan, menyikapi persiapan masuk musim penghujan.7esa

Komentar