nusabali

Pemkab Bangli Ngaturang Bakti Panganyar di Pura Dalem Balingkang

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-ngaturang-bakti-panganyar-di-pura-dalem-balingkang

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli Ngaturang Bakti Panganyar di Pura Dalem Balingkang, Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (6/11). Rombongan dari Pemkab ini dipimpin Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar.

Hadir pula, Ketua TP PKK Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW Bangli Ny Suciati Diar, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, pimpinan OPD dan Staf dilingkungan pemerintah Kabupaten Bangli.

Bupati Bangli  Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan  Bakti Penganyar merupakan salah satu dari kewajiban sebagai umat dalam menjalankan ajaran dharma berkonsep Tri Hita Karana. "Nganyarin ini merupakan wujud srada  bakti sebagai umat dan penghormatan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang berstana di Pura Dalem Balingkang," ungkapnya.

Bhakti Panganyar juga untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan serta keseimbangan alam semesta beserta isinya. Hubungan dengan Sang Maha Pencipta merupakan hal utama yang harus dijaga melalui srada bakti. Berikutnya, hubungan antarsesama harus terus dijaga sehingga harmonis, toleransi, dan saling menghargai sesama umat. Hhubungan manusia – alam juga agar terus dijaga untuk dapat melanjutkan kehidupan. Alam harus terus dijaga. Jangan sampai rusak sehingga bisa kita wariskan untuk generasi mendatang.

“Hari ini kami ngaturang bakti dengan harapan tentu untuk kesejahteraan umat dan masyarakat Bangli pada khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya bahkan seluruh isinya diberikan keselamatan untuk kita bisa terus berkarya sesuai dengan darma agama dan darma Negara untuk mewujudkan Bangli Era Baru,” sebutnya.

Bendesa Adat Pinggan I Made Seden selaku penanggung jawab Karya Pujawali Pura Khayangan Jagat Balingkang,   menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Bangli. Pihaknya berharap ayah-ayahan yadnya suci Bakti Pnganyar Pemkab Bangli dapat menjadi berkah untuk masyarakat Bangli dan Bali.

"Pemkab Bangli ngaturang Bakti Panganyar dipuput Jro Mangku Dalem Balingkang. Mudah mudahan dengan yadnya suci ini Ida Bhatara di Pura Dalem Balingkang senantiasa memberikan rahmatnya untuk kita semua," ucapnya.@7esa

Komentar