nusabali

Satu WNA Hilang Digulung Ombak di Pantai Batubelig

  • www.nusabali.com-satu-wna-hilang-digulung-ombak-di-pantai-batubelig

MANGUPURA, NusaBali - Tiga warga negara asing (WNA) disapu ombak saat berenang di depan W Hotel, Jalan Petitenget, Lingkungan Batu Belig, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Selasa (7/11) pukul 14.30 Wita.

Ketiga warga negara asing (WNA) tersebut berjenis kelamin perempuan, terdiri dari dua warga negara Ukraina, yakni KM,30, dan Ok dan satu warga negara China XFJ,34. Dua warga negara Ukraina berhasil selamat, sementara WN China atas nama XFJ, masih hilang dan belum ditemukan hingga kemarin petang.

Untuk mencari korban hilang Balawista Badung dibantu personel Dit Polair Polda Bali, Satpolair Polres Badung, Basarnas Denpasar dan BPBD Badung dikerahkan ke lokasi. Karena cuaca tidak mendukung dan hari sudah malam maka pencarian dihentikan sementara. 

Kasi Humas Polres Badung, Iptu Ketut Sudana dikonfirmasi kemarin sore menjelaskan dua korban yang berhasil diselamatkan dilarikan ke Klinik Medicare, Jalan Raya Peterenget, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung. Kedua korban berhasil diselamatkan tanpa menderita luka yang berarti. Hanya saja kedua korban trauma. 

Iptu Sudana menjelaskan sebelum disapu ombak ketiga korban sama-sama berenang pada bendera merah sebagai tanda bahaya. Tengah asyik berenang tiba-tiba datang ombak besar membanting ketiganya. Karina Melnychuk dan Oksana berhasil menyelamatkan diri sementara Xiao Fong Jhony hilang. "Ketiga korban itu diketahui sama-sama sewa payung long chair. Ketiganya juga sama-sama berenang. Pada saat awal ketiganya disapu ombak tidak diketahui oleh petugas Balawista yang sedang jaga. Petugas baru tahu setelah ada pengunjung pantai lainnya datang melapor," ungkap Iptu Sudana.

Upaya pencarian terhadap korban yang hilang terkendala cuaca buruk dan juga hari sudah malam. Pencarian akan dilakukan kembali, Rabu (8/11) hari ini. "Ketiga korban ini diketahui menginap di Swan Villa, Jalan Cendrawasih, Nomor 99 X, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan  Kuta Utara, Badung," pungkas Iptu Sudana. 

Sementara Kasi Operasi dan Siaga Kantor SAR Denpasar, I Wayan Suwena mengatakan pihaknya menerima laporan kejadian itu dari Kepala UPTD Balawista Badung Utara pukul 16.05 Wita. “Laporan itu kami terima dari Bapak Epel, Kepala UPTD Balawista Badung Utara sekitar pukul 16.05 Wita. Menurut keterangan dari pelapor diperkirakan waktu kejadian pada pukul 14.30 Wita,” ujar Suwena, Selasa sore.

Lebih lanjut dijelaskan, identitas korban yang masih belum ditemukan adalah seorang pria warga negara China, berinisial XFJ, berusia 34 tahun. Sementara korban selamat berhasil diselamatkan oleh Balawista Pos Batubelig dan langsung dilarikan ke rumah sakit. “Saat ini kami sudah mengerahkan 12 personel menuju Pantai Seminyak. Mereka akan dibagi menjadi dua tim SRU untuk melakukan pencarian di perairan menggunakan rubber boat, sementara tim lainnya menyisir sepanjang bibir pantai,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan jika pencarian difokuskan di seputaran lokasi korban tenggelam dengan dibantu alat aqua eye untuk mendeteksi objek di bawah permukaan air. Namun, meski dilakukan pencarian intensif selama kurang lebih satu jam, sampai pukul 18.00 Wita, tim SAR gabungan belum berhasil menemukan korban yang masih hilang. Operasi SAR pun akan dilanjutkan kembali pada Rabu  pagi ini. “Hari ini tim SAR gabungan yang terlibat meliputi Kantor SAR Denpasar, Balawista, Polair Badung, serta potensi SAR lainnya,” tandasnya. 7 pol, ol3

Komentar