nusabali

Dua Pebiliar Bali Lolos PON 2024

  • www.nusabali.com-dua-pebiliar-bali-lolos-pon-2024

Kami nothing to lose saja saat bermain, sehingga mampu mengejar skor mereka. Karena pengalaman mereka lebih banyak dari kami, mereka unggul kembali dan berhasil menang di final.

JAKARTA, NusaBali
Dua atlet biliar andalan Bali, I Putu Edi Wirawan bersama I Kadek Sugiarta lolos ke PON 2024 Aceh-Sumatera Utara, setelah meraih medali perak dalam babak kualifikasi PON pada 4-5 November 2023 di Labewa Cue Sports, Karawaci, Tangerang, Banten. Di final, duet Putu Edi dan Suagarta bertemu pasangan Jawa Tengah, Yoni R/Ricky Yang di nomor six red.

"Mereka pemain Pelatnas. Kami kalah dengan skor 3-2," ujar Putu Edi tentang lawannya, pada Senin (6/11). 

Menurut Putu Edi, pertandingan final sangat seru, karena mereka sempat tertinggal 0-2 lebih dulu. Namun, mereka mampu mengejar ketertinggalan tersebut. Sebab, mereka bermain santai dan fokus terhadap pertandingan.

"Kami nothing to lose saja saat bermain, sehingga mampu mengejar skor mereka. Karena pengalaman mereka lebih banyak dari kami, mereka unggul kembali dan berhasil menang di final. Mereka pun, mendapat emas. Sedangkan kami meraih perak," kata Putu Edi, pria kelahiran Denpasar, 11 Oktober 1987 ini.

Meski mendapatkan medali perak, Putu Edi sangat bersyukur hasil itu mengantarkan mereka ke PON 2024. Pasalnya, untuk melangkah ke PON 2024, atlet biliar harus mendapatkan medali emas atau perak. Putu Edi dan I Kadek Sugiarta menjadi atlet biliar pertama Bali yang lolos PON. 

"Senang dan bahagia bisa lolos PON, karena itu menjadi keikutsertaan pertama saya," ucap Putu Edi.

Selain itu, pertama kali main nomor double di luar Bali. Begitu pula dengan tendemnya, Kadek Sugiarta. Bahkan, Sugiarta baru pertama kali bertanding mengikuti kejuaraan di luar Pulau Dewata dan sukses meraih medali perak. Putu Edi sendiri gagal dalam kualifikasi PON 2019.

Namun tak mematahkan semangatnya untuk terus menekuni biliar. Dia terus melatih kemampuannya tidak hanya di Bali. Melainkan latihan secara mandiri pula di Pekalongan, Jawa Tengah. Kini, hasil latihannya berbuah manis dengan mendapatkan tiket ke PON 2024.

"Hasil ini, tentu membanggakan bagi kami," ucap anak pertama dari empat bersaudara ini. 

Selain Putu Edi dan Kadek Sugiarta, Bali juga mengirimkan delapan atlet biliar lainnya. Mereka didampingi satu pelatih dan satu ofisial. Kini mereka masih menjalani pertandingan.

"Mudah-mudahan atlet Bali lainnya lolos ke PON. Sekarang, mereka masih berjuang. Lantaran pertandingan masih berlangsung hingga 15 November 2023. Saya dan Kadek Sugiarta juga belum menerima medali, karena penyerahan akan dilakukan saat pertandingan berakhir," kata Putu Edi. k22

Komentar