nusabali

Bandara Ngurah Rai Raih Penghargaan dari INACA

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-raih-penghargaan-dari-inaca

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Inernasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta meraih penghargaan sebagai bandara terbaik versi Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) 2023 dari asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

Selain Bandara Rai Bali, ada bandara lain yang dikelola PT Persero Angkasa Pura (AP) I meraih penghargaan tersebut, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.

“Penghargaan yang berhasil diraih oleh tiga bandara AP I tersebut merupakan wujud apresiasi dari stakeholder, dalam hal ini adalah INACA, terhadap standar pelayanan di bandara,” ungkap Direktur Operasi AP I MMA Indah Preastuty dalam keterangan pers yang diterima, Senin (6/11).

Dikatakan, penghargaan bandara terbaik versi CSI 2023 diberikan INACA dalam kegiatan INACA Festival 2023 untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 INACA. Penghargaan tersebut, kata dia, merupakan apresiasi terhadap kinerja pelayanan bandara yang diukur melalui indeks kepuasan pelanggan.

Pada pengukuran CSI yang dilaksanakan INACA di 2023, Bandara Ngurah Rai berhasil meraih skor CSI sebesar 4,93. Sedangkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dengan skor CSI sebesar 4,90, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dengan raihan skor CSI sebesar 4,84 dari skala 1-5.

Indah menuturkan jika pengukuran CSI oleh INACA di bandara yang dikelola AP I dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Dalam pengukuran di 2023, dia merincikan skor CSI rata-rata di 15 bandara AP I mencapai 4,75 dari skala 1-5. Skor rata-rata ini mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan skor di tahun 2022 yang mencapai 4,70, serta di tahun 2021 yang mencapai 4,67.

“Bagi AP I, skor CSI bukan hanya sekadar angka, melainkan sebagai indikator atas kepuasan pelanggan. Serta menjadi salah satu faktor penting bagi AP I untuk menentukan prioritas dalam upaya peningkatan standar pelayanan,” tegas Indah.

Indah juga mengatakan meski sejauh ini sudah terjalin kolaborasi dan sinergi bersama INACA dengan baik, namun dia berharap ke depan kerja sama itu bisa menjadi lebih baik lagi. Bahkan, lanjut dia, AP I siap meningkatkan kolaborasi dengan INACA untuk mendukung percepatan pemulihan dunia penerbangan nasional. “Kami juga mengucapkan selamat kepada INACA yang di tahun ini berulang tahun ke-53. Sebagai wadah bagi maskapai penerbangan nasional, INACA merupakan salah satu mitra kerja strategis AP I,” katanya. 7 ol3

Komentar