nusabali

Siswi SMAN 2 Semarapura Jadi Puteri Remaja Indonesia 2023

  • www.nusabali.com-siswi-sman-2-semarapura-jadi-puteri-remaja-indonesia-2023

SEMARAPURA, NusaBali - Siswi SMA Negeri 2 Semarapura, Klungkung Alicia Agung Andreasson,18, memenangi ajang pemilihan Puteri Remaja Indonesia 2023.

Alicia mengungguli 36 peserta lainnya se-Indonesia dalam Grand Final Puteri Remaja Indonesia 2023 di Gedung Perfilman Usmar Ismail Hall Jakarta, Selasa (31/10) lalu.

Dalam ajang tersebut, Predikat Putri Remaja Indonesia Pariwisata 2023 sekaligus Runner Up diraih Tania Nusa Ina Lailossa asal Maluku, Puteri Remaja Indonesia Pendidikan 2023 diraih Maura Cantyqa Candra asal Lampung. Kemudian Puteri Remaja Indonesia Budaya 2023 diraih Putri Widhiasari asal Jawa Barat, dan Putri Indonesia Remaja Pendidikan peringkat dua diraih Naura Cahya Mecca, wakil dari Provinsi Lampung.

“Kata-kata tidak dapat menggambarkan betapa bersyukurnya saya atas ini. Jujur, saya masih tidak percaya bahwa saya bisa terpilih sebagai Puteri Remaja Indonesia 2023, karena persaingan tahun ini cukup berat. Namun tentunya saya sangat senang dan bersyukur atas segalanya,” ungkap Alicia kepada NusaBali saat dihubungi, Minggu (5/11).

Advokasi yang Alicia bawakan saat grand final, yakni ‘Be you, real you’ mencerminkan perjuangannya dalam menerima dirinya sendiri. Dilahirkan dalam keluarga berdarah campuran Denmark (ayah) dan Bali (ibu), membuat Alicia seringkali dihadapkan pada perlakuan yang merendahkan dan merasa tidak diterima oleh lingkungan. Menurut Alicia, menjadi diri sendiri adalah pesan penting yang ingin dia sampaikan kepada semua gadis dan wanita di seluruh dunia. Perjalanan Alicia dalam penemuan diri dan merangkul keunikan dirinya pun telah menjadi dasar kampanyenya.

“Saya belajar menerima siapa saya, dan mencintai diri sendiri. Dengan platform dan gelar saya, saya ingin menyebarkan pesan kepada semua gadis dan wanita di dunia ini. Kamu unik. Tidak ada yang seperti kamu di tempat lain di dunia ini. Tunjukkan kepada dunia dirimu yang sebenarnya. Yang paling penting adalah menerima dan mencintai dirimu sendiri,” tutur anak pertama dari pasangan Bjarne Kjell Andreasson dan Anak Agung Oka Dewi ini.

Selama perjalanan menuju gelar Puteri Remaja Indonesia, Alicia tidak mengalami kendala berarti. Meskipun memiliki jadwal yang padat antara sekolah dan persiapan untuk ajang Puteri. “Tentu saya harus membuat jadwal dan planing kegiatan yang akan saya lakukan agar setiap harinya tidak menyia-nyiakan waktu dan tidak mengganggu waktu sekolah saya. Sejauh ini semua kegiatan berjalan baik dan lancar sesuai planing saya,” ujar siswi kelas XII MIPA di SMAN 2 Semarapura ini.

Di sisi lain, menurut Alicia, gelar Puteri Remaja Indonesia bukan hanya kemenangan pribadi baginya, melainkan merupakan bukti pemberdayaan dan dorongan bagi para remaja, terutama perempuan muda untuk mengembangkan potensi mereka dan memberikan dampak positif dalam masyarakat. Dengan kemenangannya, Alicia berharap dirinya dapat menginspirasi remaja di seluruh dunia untuk mencintai diri sendiri dan membanggakan yayasan Puteri Remaja Indonesia yang telah memilihnya sebagai duta mereka.

Setelah menyandang gelar Puteri Remaja Indonesia, Alicia mengaku akan aktif mengikuti kegiatan kemanusiaan ke depannya. Selain itu jika diberikan kesempatan, dia berencana mencoba peruntungan di Miss Mega Bintang Indonesia atau Miss Universe Indonesia di masa mendatang.

Sang Ayah Bjarne Kjell Andreasson mengaku keberhasilan Alicia merupakan hasil dari dedikasi penuh dan kerja keras selama beberapa bulan sebelum malam grand final. “Tentunya kami selaku orangtua merasa bangga atas pencapaian yang diraih oleh putri kami. Kami benar-benar berterima kasih atas segala support yang diberikan oleh tim Bali yang hebat ini,” ujar Bjarne Andreasson, ayah Alicia yang berkewarganegaraan Denmark ini.

Sementara itu Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 2 Semarapura, I Wayan Janiarta mengungkapkan apresiasinya kepada Alicia, yang telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mengejar impian di ajang Puteri Remaja Indonesia 2023. “Kami sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih Alicia. Dia telah menunjukkan kepada kami semua bahwa dengan kerja keras dan ketekunan, setiap hal yang diinginkan dapat dicapai. Kami berharap prestasinya akan menjadi inspirasi bagi siswa lain di sekolah ini,” terang Janiarta saat dihubungi, Senin (6/11) siang. Janiarta secara khusus menekankan pentingnya motivasi positif dan dorongan kepada siswanya untuk terus berprestasi.

Dia menegaskan SMAN 2 Semarapura akan terus memberikan dukungan penuh bagi para siswa yang berusaha keras mencapai cita-cita mereka. Dengan semangat yang terus menggelora, SMAN 2 Semarapura berkomitmen untuk terus memberikan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi, sekaligus membantu mereka dalam mengejar impian mereka di masa depan. 7 ol3

Komentar