nusabali

Walikota: Tim Optimalkan Pantauan Titik Api

Penanganan Musibah Kebakaran TPA Suwung

  • www.nusabali.com-walikota-tim-optimalkan-pantauan-titik-api

Dari total luasan lahan yang terbakar yakni seluas 32,48 hektare, yang hingga saat ini masih dalam fokus penanganan mencapai 3.500 meter persegi.

DENPASAR, NusaBali
Musibah kebakaran yang melanda TPA Suwung telah mendapatkan penanganan tim komando dari berbagai instansi. Progres positif penanganan berjalan optimal, dan kewaspadaan mengantisipasi luasan titik api terus dilakukan. Berdasarkan pantauan pada Minggu (5/11) yang dipimpin Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di lapangan, kepulan asap tampak mulai menipis.

Walikota Jaya Negara didampingi Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Ida Bagus Alit Wiradana, serta jajaran OPD terkait, menekankan kepada tim monitoring untuk terus melakukan pemantauan titik-titik api.

“Meski langkah pendinginan lokasi kebakaran telah dilakukan oleh tim pemadam kebakaran Denpasar dan Badung serta bantuan water cannon Polda Bali, namun tim monitoring harus terus melakukan pemantauan secara rutin di luasan lokasi yang telah mendapat penanganan sebelumnya,” ujar Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara menyampaikan, luasan lahan yang terbakar telah berkurang. Dukungan mobil tangki dari Pemerintah Provinsi Bali untuk melakukan monitoring titik api diharapkan mampu meminimalisir munculnya titik api kembali. Strategi dari tim pemadam kebakaran terus diupayakan, yakni lewat proses pembasahan di permukaan sampah yang dibantu dengan mengurai gas metan menggunakan ekskavator. Cara tersebut diyakini efektif untuk mendukung pemadaman api.

“Kami memantau langsung beberapa titik lokasi yang masih mengepulkan asap, serta penanganan tim monitoring dibantu sarana-prasarana mobil tangki dari Provinsi Bali dapat terus memantau titik api. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dari petugas pemadam kebakaran serta kepada pihak TNI dan Polri yang telah bekerja keras melaksanakan penanganan musibah kebakaran di TPA Suwung,” tandas Walikota Jaya Negara.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar selaku Kepala Pos Komando Musibah Kebakaran TPA Suwung Ardi Ganggas, menyampaikan hingga Minggu, 5 November 2023, tim telah mampu menangani 2.500 meter persegi lokasi yang terbakar. Ardi Ganggas menambahkan, dari total luasan lahan yang terbakar yakni seluas 32,48 hektare, yang hingga saat ini masih dalam fokus penanganan mencapai 3.500 meter persegi.

“Kami berharap tiga hari ke depan hingga masa perpanjangan status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung yakni hingga 8 November mendatang, tim komando dapat melakukan penanganan. Seluruh tim terus berusaha dalam tiga hari ke depan dapat menuntaskan, serta berharap tidak terjadi hambatan dalam melaksanakan penanganan kebakaran di TPA Suwung,” kata Ardi Ganggas. @ mis

Komentar