nusabali

STY Tak Bongkar Skuad Timnas Senior

  • www.nusabali.com-sty-tak-bongkar-skuad-timnas-senior

JAKARTA, Nusabali - Shin Tae-yong tidak memberi kejutan besar saat mengumumkan daftar 27 pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Tak ada aksi bongkar pasang pemain dalam kesempatan kali ini. Bahkan nama Stefano Lilipaly yang rajin mencetak gol untuk Borneo FC tetap tak masuk skuadnya.

Indonesia akan memainkan dua laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada edisi November 2023 ini. Indonesia akan bersua dengan Irak (16/11) dan Filipina (21/11). Dua laga ini dimainkan di kandang lawan.

Shin Tae-yong tetap akan bertumpu para para pemain diaspora atau yang bermain di luar negeri. Ada delapan pemain dari klub luar negeri yang dipanggil pelatih asal Korea Selatan itu.

Beberapa pemain yang belum tampil impresif di BRI Liga 1 2023/2024 juga tetapi dipanggil. Antara lain, Dimas Drajad, Witan Sulaeman, dan Dendy Sulistyawan. 

Pratama Arhan terus mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia. Padahal, pemain 21 tahun itu sangat jarang bermain di Tokyo Verdy. Arhan jadi salah satu pemain paling sering dimainkan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga tidak memberi kesempatan pada Stefano Lilipaly (34 tahun), meski tampil luar bisa bersama Borneo FC. Lilipaly mencetak sembilan gol dan membuat delapan assist di Liga 1. Lilipaly membawa Borneo FC menjadi pemuncak klasemen BRI Liga 1.

Di sisi lain, Shin Tae-yong bisa dibilang objektif dengan performa pemain lain di BRI Liga 1. Adam Alis dapat panggilan lantaran tampil bagus. Begitu juga dengan Andy Setyo.

Jika memperhatikan komposisi pemain Indonesia usai Piala AFF 2022, tidak banyak bongkar pasang pemain yang dilakukan Shin Tae-yong. Tak banyak perubahan yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan.

Shin Tae-yong mungkin hanya menyelipkan para pemain muda seperti Hokky Caraka, Dzaky Asraf, atau Arkhan Fikri. Shin Tae-yong mungkin sudah menemukan komposisi ideal untuk Timnas Indonesia. *

Skuad Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Kiper: Nadeo Arga Winata, Muhamad Riyandi, Ernando Ari.
Belakang: Andy Setyo, Edo Febriansah, Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan.
Tengah: Saddil Ramdani, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Adam Alis, Arkhan Fikri, Yakob Sayuri.
Depan: Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, Rafael Struick.

Komentar