nusabali

Dialog Temu Budaya Awali Genta Nusantara III

Digelar di Badung, Jadi Rangkaian HUT Ke-14 Mangupura

  • www.nusabali.com-dialog-temu-budaya-awali-genta-nusantara-iii

MANGUPURA, NusaBali - Tim Kerja Genta Nusantara III; Festival Toleransi Indonesia menggelar dialog Temu Budaya Nusantara di Ruang Rapat Kerta Gosana, Puspem Badung, Kamis (2/11).

Pada pelaksanaan ketiga kalinya ini Genta Nusantara III; Festival Toleransi Indonesia akan menjadi rangkaian dari Festival Seni Budaya HUT Ke-14 Mangupura.

Acara Genta Nusantara III diawali dengan dialog Temu Budaya Nusantara dengan tema ‘Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa’ yang mempertemukan budayawan dan pemerhati seni dari berbagai daerah di Indonesia. Dialog Temu Budaya Nusantara menghadirkan narasumber yang bergerak di bidang seni dan budaya. Dalam pelaksanaannya, Tim Kerja Genta Nusantara III berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Badung melalui Widya Sabha yang menjadi binaannya.

Nengah Rata sekalu Ketua Panitia, mengatakan kegiatan Genta Nusantara III memiliki visi Keluhuran Nusantara dan misinya Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa. Pagelaran Genta Nusantara III bertujuan untuk menggaungkan toleransi dan silahturahmi. “Tahun ini kita lakukan dengan kerja sama ataupun difasilitasi oleh Widya Sabha Kabupaten Badung dan juga Dinas Kebudayaan Badung. Dukungan pemerintah menjadi semangat untuk kita mengembangkan seni budaya yang ada di Nusantara ini,” ujarnya.

Tercatat ada peserta dari 11 provinsi dan dari luar negeri, serta ratusan orang seniman dari komunitas atau sanggar yang akan mengisi acara Genta Nusantara III. Selain dialog temu budaya, juga akan dilakukan pementasan seni pertunjukan, karnaval seni wayang, pameran ekonomi kreatif khas Jogjakarta, serta eduwisata toleransi Indonesia ke Puja Mandala, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan.

Sementara itu Ketua Widya Sabha Badung Wayan Selat Wirata, mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, mengatakan kegiatan Genta Nusantara III merupakan kegiatan seni dan budaya yang dilaksanakan seniman di Indonesia. “Para seniman Nusantara dari 11 provinsi akan tampil di Genta Nusantara III yang menyatukan visi dan misi menggaungkan toleransi dan bersama-sama mencintai Nusantara kita ini,” ungkapnya.

Dia menjelaskan ada beberapa kegiatan yang akan digelar seperti seniman panggung, pedalangan, tari dan yang lainnya. Walaupun jenis seni berbeda-beda, namun di sinilah terlihat betapa kayanya seni budaya di Bumi Nusantara. “Walaupun seni dan budaya berbeda-beda dari berbagai daerah, namun kita tetap mencintai semua seni yang ada. Jadi, kita orang Bali juga harus mencintai seni Jawa dan yang lain, sehingga dari sana kita bisa menyatukan Nusantara,” ucapnya. @ ind

Komentar