nusabali

Ketum Indonesia Persada ID Ganjar Pranowo Buka Mukernas

Walikota Jaya Negara Perkenalkan Raditya sebagai Inovasi Radio Inklusi

  • www.nusabali.com-ketum-indonesia-persada-id-ganjar-pranowo-buka-mukernas

DENPASAR, NusaBali - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Persatuan Radio Televisi Publik Daerah Seluruh Indonesia (Indonesia Persada ID) ke-5 Tahun 2023 dibuka oleh Ketua Umum Indonesia Persada ID Ganjar Pranowo di Prama Sanur Beach Hotel, Denpasar selatan, Rabu (1/11). Mukernas yang dihadiri pengelola radio dan televisi daerah ini mengangkat tema ‘Radio Senantiasa Ada’.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara memperkenalkan LPPL Radio Publik Kota Denpasar yang populer disebut RPKD 92.6 FM dengan Inovasi Radio Inklusi Menuju Denpasar Maju dan Jaya (Raditya).

Hadir pula Gubernur Bali periode 2018-2023 Wayan Koster, Pelaksana Harian Kapuspen Drs Yudia Ramli MSi, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Dewan Pengarah Indonesia Persada ID Ir Eddy Santoso.

Ganjar dalam sambutannya menjelaskan, keberadaan radio dan TV publik daerah diharapkan menjadi sarana penyebarluasan informasi yang strategis guna menjaga ketahanan informasi negara di daerah. Dia mendorong radio dan TV publik daerah untuk melakukan kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia penyiaran.

Saat ini, kondisi lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) tidak sedang baik–baik saja. Sehingga seluruh stakeholder seperti para kepala dinas Kominfo, bupati, walikota, gubernur, DPRD harus menyatukan persepsi, berjuang ke DPR, presiden, Kementerian Kominfo agar LPPL tidak punah.

“LPPL adalah jalan keluar untuk menjaga ketahanan informasi negara dengan kondisi geografi NKRI yang sangat majemuk, yang mayoritas adalah non perkotaan, sehingga penguatan LPPL sangat penting dilaksanakan,” ujar Ganjar.

Walikota Jaya Negara menyatakan, Indonesia Persada diharapkan menjadi wahana untuk mengupdate informasi terkini, serta menjadi tempat berbagi pengetahuan tentang perkembangan dunia penyiaran.

“Suatu kehormatan bagi kami berkesempatan menyambut dan menjamu Ketua Umum, dan undangan sekalian dalam perhelatan akbar ini di Kota Denpasar, khususnya di kawasan Pantai Sanur yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan kami,” kata Walikota Jaya Negara.

Dia menyampaikan bahwa Pemkot Denpasar memiliki LPPL Radio Publik Kota Denpasar yang populer disebut RPKD 92.6 FM dan pada 21 Oktober 2023 merayakan ulang tahun ke-21.

”RPKD 92.6 FM terus memadukan ‘human-touch’ dengan ‘hi-tech’. Tujuannya agar bisa terus menjadi salah satu media informasi utama dalam menyampaikan informasi lalu lintas, kebijakan publik, kegawatdaruratan, pariwisata budaya, serta informasi-informasi bermanfaat lainnya kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ditambahkannya, di 2023 Pemkot Denpasar melalui inovasi Radio Inklusi Menuju Denpasar Maju dan Jaya (Raditya) berhasil meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB. Raditya dalam kepercayaan Hindu juga memiliki makna sebagai Dewa Matahari.

Gagasan utama inovasi raditya adalah inklusifitas yang berupaya memberikan layanan bagi semua, termasuk kelompok masyarakat penyandang disabilitas, kelompok masyarakat lanjut usia, dan kelompok remaja rentan. ”Termasuk memberdayakan 6 orang penyandang disabilitas sebagai tenaga penyiar khusus,” ujar Walikota Jaya Negara.

Penunjukan Kota Denpasar sebagai tuan rumah Mukernas dan Indonesia IP Award 2023 tidak terlepas dari prestasi yang sudah didapat oleh Radio Publik Kota Denpasar dalam ajang inovasi pusat.

Termasuk peran aktif RPKD 92.6 FM sebagai koordinator Bali Nusra di kepengurusan IndonesiaPersada.ID. Di mana RPKD 92.6 FM yang mengudara sejak 2002 bergabung di Indonesia Persada.ID sejak 2019.

“Kehormatan sebagai tuan rumah salah satunya diharapkan berdampak bagi promosi pariwisata di Kota Denpasar, serta memberikan kesempatan bagi peserta untuk menikmati keindahan dan kekayaan budaya Kota Denpasar. Sekaligus diharapkan akan memberi manfaat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,” harap Walikota Jaya Negara.

Mukernas tersebut dimeriahkan dengan gelaran Anugerah IP Award. Anugerah ke-4 IndonesiaPersada.Id Award 2023 memberikan penghargaan dalam Kategori Khusus yang meliputi Reportase Terbaik, News Anchor Terbaik, dan Radio Host Terbaik serta Kategori Umum yang mencakup Radio Peduli Stunting, Radio Peduli Bencana, dan Radio Peduli UKM. RPKD 92.6 FM Kota Denpasar menjadi terbaik I Kategori Radio Host Terbaik. @ mis

Komentar