nusabali

Ny Ida Mahendra Jaya Ingatkan Tanam Sayur di Pekarangan

  • www.nusabali.com-ny-ida-mahendra-jaya-ingatkan-tanam-sayur-di-pekarangan

DENPASAR, NusaBali - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Ida Mahendra Jaya mengingatkan pentingnya pemanfaatan pekarangan dalam rangka penganekaragaman makanan dan peningkatan ekonomi keluarga.

Hal itu dikemukakannya saat menghadiri pertemuan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tingkat Provinsi Bali, di Hotel Puri Ayu Denpasar, Selasa (31/10). Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, penganekaragaman pangan adalah upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan berbasis pada potensi sumber daya lokal. Menurut Ny Ida Mahendra Jaya, hal ini penting menjadi perhatian dan pemahaman bersama. Selain penganekaragaman pangan, juga penting untuk memperhatikan keseimbangan makanan dengan konsep ‘Porsi Isi Piringku’.

“Penganekaragaman pangan dalam lingkup keluarga dapat dilaksanakan melalui salah satu Program Unggulan Tim Penggerak PKK, yaitu gerakan amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah, dan nyaman (Aku Hatinya) PKK,” ujar Ny Ida Mahendra Jaya.

Dia menjelaskan, Tim Penggerak PKK melalui gerakan Aku Hatinya PKK mengharapkan seluruh keluarga untuk menata halaman pekarangan rumahnya dengan tanaman yang bernilai ekonomis dan bermanfaat untuk keluarga. Jenis tanaman di pekarangan dapat disesuaikan dengan halaman pekarangan rumah dan diatur sedemikian rupa dalam ‘bentuk taman’ dengan tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman obat keluarga, tanaman pelindung/tanaman keras dan tanaman hias, serta memelihara ternak dan ikan dalam rangka ketersediaan protein hewani untuk keluarga.

Dia juga mengajak semua yang hadir menyatukan persepsi dan tekad bersama mendedikasikan semua pengabdian untuk memaksimalkan kegiatan di posyandu, sehingga mempunyai komitmen yang sama dalam mengoptimalkan kembali fungsi dan kedudukan kelembagaan posyandu di daerah.

Selaku mitra kerja pemerintah, TP PKK Bali harus bekerja nyata dan bekerja selaras serta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Bali, salah satunya dalam upaya pencegahan stunting.

“Oleh karena itu, begitu dilantik menjadi Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, saya sudah mulai berpikir untuk mengambil peran dan inisiatif untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan stunting melalui kegiatan ‘Berkunjung dan Berbagi’, yang pada intinya merupakan gerakan stimulan dalam rangka mendukung dalam mengakselerasi upaya pencegahan stunting dan juga bertujuan untuk memantau secara langsung pelaksanaan posyandu,” jelasnya.

Ny Ida Mahendra Jaya menjelaskan, Pokjanal memiliki peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan di tingkat kelompok kerja. Secara garis besar Pokjanal berperan melakukan koordinasi berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja posyandu yang secara operasional dilaksanakan oleh unit dan kelompok pengelola posyandu di desa, melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh Pokjanal Posyandu di daerah.

“Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang juga sebagai mitra kerja pemerintah memberi apresiasi terhadap kegiatan ini, karena keberadaan Pokjanal Posyandu sangat relevan dan sangat diperlukan dalam rangka pembinaan posyandu di masing-masing level pemerintahan, yang pada saat ini sedang fokus dalam penanganan masalah stunting menuju generasi emas di tahun 2045,” tegasnya. 7 cr78

Komentar