nusabali

Posyandu Paripurna Banjar Kebonkuri Tengah Kesiman Berikan Pelayanan Kesehatan Terpadu

  • www.nusabali.com-posyandu-paripurna-banjar-kebonkuri-tengah-kesiman-berikan-pelayanan-kesehatan-terpadu

DENPASAR, NusaBali.com - Posyandu Paripurna Ibu Hamil, Balita dan Lansia Banjar Kebonkuri Tengah Kesiman, Denpasar Timur, menyapa warga dengan pelayanan kesehatan terpadu pada hari Sabtu (23/3/2024). Kegiatan di balai banjar berlokasi di Jalan Sedap Malam ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

Dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara, didampingi Ayu Kristi Arya Wibawa, Camat Denpasar Timur Ketut Sri Karyawati, dan Lurah Kesiman I Nyoman Nuada, kegiatan ini melibatkan PKK Banjar Kebonkuri Tengah, kader posyandu, dan krama Banjar Kebonkuri Tengah dan Lingkungan Kebonkuri Kaja.

Antusiasme peserta terlihat tinggi dengan terdatanya 50 lansia, 31 balita, 2 ibu hamil, dan 15 kader. Kegiatan diawali dengan senam lansia, dilanjutkan pemberian PMT (pemberian makanan tambahan), vitamin, dan cek kesehatan.

Ni Luh Ayu Sri Lestari, Ketua Posyandu Nusa Indah, Banjar Kebonkuri Tengah Kesiman, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pembukaan Posyandu Paripurna yang meliputi penyuluhan, senam lansia, posyandu balita, dan cek kesehatan bagi lansia.

Anggaran dana berasal dari DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) yang memberikan support berupa barang, kas PKK, posyandu, suport dari kelurahan Kesiman, dan Banjar Kebonkuri Tengah.

Rencananya, kegiatan yang didukung Puskesmas II Denpasar Timur ini berlangsung 10 kali di akhir pekan hingga bulan Mei mendatang. 

I Gede Paryatha Pinatih, Kaling Kebonkuri Kaja, mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan mendapat suport dari pemerintah dalam melayani kesehatan bagi masyarakat," harapnya.

Ia menambahkan, adanya posyandu di banjar menjadi pelayanan terpadu yang dapat mempersatukan masyarakat dan menjadikan banjar kembali menjadi wadah bagi masyarakat.

Senada dengan itu, Ade Ayu Dwi Cahyani, Ketua PKK Banjar Kebonkuri Tengah Kesiman, merasa bangga dengan kekompakan posyandu dan PKK di Banjar Kebonkuri Tengah Kesiman.

"Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat karena semua mendapatkan pelayanan, dan kegiatan ini gratis," tuturnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus berjalan dalam bentuk apapun dan banjar menjadi tempat dalam melindungi masyarakatnya. *m03

Komentar