nusabali

Ganjar Ajak Mahasiswa Terlibat Politik Sejak Dini

  • www.nusabali.com-ganjar-ajak-mahasiswa-terlibat-politik-sejak-dini

DENPASAR, NusaBali - Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang diusung PDIP bersama PPP, Hanura dan Perindo, Ganjar Pranowo menghadiri acara diskusi bersama mahasiswa bertempat di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Rabu (1/11).

Dalam kegiatan bertajuk ‘Spill Gagasan Ganjar Pranowo’ ini, Ganjar mengajak mahasiswa berperan aktif dalam politik sejak dini.

Dalam acara ini Ganjar didampingi oleh Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster dan Sekertaris DPD PDIP Bali yang juga Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara. Ratusan mahasiswa hadir mengikuti kegiatan yang lokasinya berada di pinggir pantai itu. Satu persatu mahasiswa mengacungkan jari bertanya untuk mengetahui gagasan yang ditawarkan Bacapres Ganjar Pranowo dalam melihat berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa dewasa ini. Ganjar pun mengajak mahasiswa sejak dini ikut terlibat dalam menyelesaikan berbagai tantangan bangsa. Salah satunya melalui jalan politik.

"Saya ajak anak muda yuk ikut terlibat (politik), sehingga anak muda tahu yang mana baik dan buruk, memilah dan memilih," ujar Ganjar ditemui usai berdiskusi dengan mahasiswa. Ganjar pun menceritakan dirinya sudah bergabung dengan partai politik sejak di bangku kuliah. Menurutnya jalan politik memberinya kesempatan mewujudkan idealisme terkait perbaikan di masyarakat. Saat menjadi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar juga membuka kesempatan kepada anak muda (mahasiswa) untuk magang dan belajar politik dari jarak dekat. Lebih lanjut, Ganjar menuturkan perhelatan Pemilu menjadi salah satu kesempatan anak muda untuk belajar dan berpraktik politik.

"Kamu pengen praktik atau (sekadar) menonton (politik)?," tanya Ganjar kepada mahasiswa. Di sisi lain, Ganjar sepakat bahwa kekuasaan politik dapat sangat melenakan. Idealisme yang dibawa di awal dapat luntur setelah mengalami menjadi penguasa. Ia pun mengingatkan mahasiswa untuk teguh terhadap godaan kekuasaan. "Ini contoh saja. Nanti kalau kamu masuk politik kamu akan putuskan, pendidikan itu gratis, murah, atau mahal?," kata Ganjar yang berpasangan dengan Bakal Cawapres Mahfud MD ini.

Foto: Ganjar Pranowo dan Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster makan nasi jinggo usai diskusi dengan mahasiswa di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Rabu (1/11).

Sementara itu salah satu mahasiswa Adinda Paramita mengaku cukup puas bisa mendengar langsung gagasan yang dimiliki salah satu Bacapres dalam Pemilu tahun depan. Ia pun berharap dapat mengundang capres lainnya untuk adu gagasan di hadapan mahasiswa. "Harapannya universitas di Bali segera mengundang capres-capres untuk bisa berkumpul dan beradu gagasan," ujar mahasiswa Ilmu Politik Universitas Udayana (Unud) ini. Usai berdialog dengan mahasiswa, Ganjar Pranowo tampak menyantap nasio jinggo didampingi Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster.

Sebelum bertemu dengan mahasiswa, dalam kunjungannya ke Bali, Rabu kemarin Bacapres Ganjar Pranowo menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Persatuan Radio Televisi Publik Daerah Seluruh Indonesia (Indonesia Persada ID) ke-5 Tahun 2023. Ganjar membuka kegiatan ini selaku Ketua Umum Indonesia Persada ID di Prama Sanur Beach Hotel, Denpasar, Rabu (1/11). Mukernas yang dihadiri pengelola radio dan televisi daerah ini mengangkat tema ‘Radio Senantiasa Ada’. Dalam rangkaian Mukernas tersebut turut dimeriahkan dengan gelaran Anugerah IP Award.

Kedatangan Ganjar Pranowo disambut meriah dengan barungan baleganjur dan ratusan penari pendet. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali periode 2018-2023 yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Dr Ir Wayan Koster MM, Pelaksana Harian (Plh) Kapuspen Kemendagri Drs Yudia Ramli MSi, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Dewan Pengarah Indonesia Persada ID Ir Eddy Santoso serta undangan lainnya. 7 cr78

Komentar