nusabali

Tukad Kulkul Dipenuhi Sampah

  • www.nusabali.com-tukad-kulkul-dipenuhi-sampah

SEMARAPURA, NusaBali - Aliran Sungai Kulkul di Dusun Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan Klungkung, penuh sampah, Senin (30/10).

Sejumlah warga masih membuang sampah di aliran sungai. Salah satu penyebabnya, rencana pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Dusun Lepang belum ada titik temu.

Perbekel Desa Takmung I Nyoman Mudita mengaku sudah beberapa kali menggelar rapat dengan desa adat dan masyarakat terkait rencana pembangunan TPS3R. Namun masyarakat setempat tidak setuju. "Pembangunan TPS3R Desa Takmung memungkinkan dibangun di Dusun Lepang, karena ada tanah Provinsi Bali yang memiliki akses jalan, namun masyarakat belum setuju,” ujar Mudita.

Pemerintah Desa Takmung setiap tahun sudah mengalokasikan anggaran untuk mendirikan TPS3R. Warga Dusun Lepang menolak pembangunan TPS3R dengan alasan kawasan pariwisata. Padahal camat sudah menjelaskan kepada masyarakat jika kawasan pariwisata juga memerlukan TPS3R untuk kelola sampah. "Persoalan sampah di Dusun Lepang sampai saat ini belum ada solusi dan sampah itu dibuang di aliran Sungai Kulkul," ujar Mudita.

Sampah yang menumpuk di Sungai Kulkul sudah pernah memicu kebakaran. Mudita khawatir kebakaran sampah kembali terjadi. 7 wan

Komentar