nusabali

Imigrasi Pasang 90 Autogate di Bandara

  • www.nusabali.com-imigrasi-pasang-90-autogate-di-bandara

Autogate dapat digunakan bagi penumpang WNI dan WNA pengguna e-VoA, sehingga diharapkan pemeriksaan keimigrasian semakin efektif dan efisien.

DENPASAR, NusaBali
Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mulai memasang autogate atau pintu otomatis di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Total ada 90 autogate yang dipasang untuk memindai visa kedatangan elektronik (e-VoA) di Bandara Ngurah Rai.

Sebanyak 90 mesin itu terdiri dari 60 autogate baru yang ditempatkan di terminal kedatangan internasional. Sedangkan 30 autogate di tempatkan di terminal keberangkatan internasional.

“Kurang lebih dua bulan proses pengerjaanya untuk tahap pertama pada 2023,” kata Kepala Imigrasi Ngurah Rai Suhendra di Denpasar, Senin (30/10) seperti dilansir Antara.

Dikatakan, pemasangan mesin otomatis untuk pelaku perjalanan internasional itu dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama 30 autogate dipasang hingga 26 Desember 2023 di terminal kedatangan dan sisanya dilanjutkan pada 2024. “Kami mohon maaf bagi para penumpang atas ketidaknyamanan yang mungkin muncul di area imigrasi selama proses pengerjaan pemasangan autogate,” ucap Suhendra.

Dia menjamin pemeriksaan keimigrasian tidak terganggu dan tetap berjalan optimal. Sebab seluruh konter pemeriksaan reguler tetap dibuka secara maksimal. Autogate nantinya dapat digunakan bagi penumpang WNI dan WNA pengguna e-VoA, sehingga diharapkan lalu lintas pemeriksaan keimigrasian semakin efektif dan efisien.

Sementara itu, General Manager Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengapresiasi pemasangan autogate karena berdampak positif terhadap pelayanan di bandara. “Sebagai langkah mitigasi, kami telah melakukan koordinasi dengan Imigrasi Ngurah Rai untuk melakukan pengaturan alur kedatangan penumpang dan memastikan pelayanan imigrasi di area kedatangan dapat dilayani di konter reguler, sehingga operasional bandara tetap berjalan lancar,” katanya.

Berdasarkan data Angkasa Pura (AP) I Bandara Ngurah Rai, jumlah penumpang hingga triwulan III tahun 2023 mencapai 15,8 juta orang atau sudah menyentuh 89 persen jika dibandingkan periode yang sama saat sebelum pandemi Covid-19 pada 2019. Komposisi jumlah penumpang terdiri atas 54 persen adalah penumpang internasional atau sebanyak 8,5 juta penumpang dan 46 persen penumpang domestik atau sebanyak 7,2 juta.

Adapun rata-rata penumpang per hari mencapai 58 ribu orang. Naik dibandingkan periode sama 2022 mencapai 30 ribu orang per hari.

Saat ini, Bandara Ngurah Rai membuka 30 rute penerbangan internasional yang dilayani 36 maskapai dan 19 rute domestik yang dilayani 13 maskapai. 7 ant

Komentar