nusabali

Menu Makan Siang Jokowi dan Tiga Bacapres: Dari Ayam Kodok hingga Es Laksamana Mengamuk

  • www.nusabali.com-menu-makan-siang-jokowi-dan-tiga-bacapres-dari-ayam-kodok-hingga-es-laksamana-mengamuk

JAKARTA, NusaBali.com - Presiden Joko Widodo mengundang tiga bakal calon presiden (capres) Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, untuk makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Acara makan siang tersebut digelar di ruang makan Istana Merdeka, Jakarta, sekitar pukul 12.30 WIB. Jokowi mengenakan pakaian batik putih bercorak biru dan duduk di antara Ganjar Pranowo dengan batik merah dan Prabowo dengan batik coklat. Sementara itu, Anies Baswedan yang berpakaian batik coklat tua duduk berhadapan langsung dengan Jokowi.

Pada meja makan, tampak sejumlah menu makanan yang dihidangkan, seperti nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula), dan jus jeruk.

Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, menu makan siang tersebut dipilih untuk mewakili berbagai daerah di Indonesia. Ayam kodok, misalnya, merupakan makanan khas Jawa Timur, sedangkan sapi lada hitam merupakan makanan khas Padang.

"Menu makan siang ini merupakan simbol kebersamaan dan kesatuan bangsa," kata Ari dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Senin.

Agenda santap siang itu digelar beberapa saat setelah Jokowi menyampaikan arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta. *ant

Komentar