nusabali

Timnas Akui Irak Diunggulkan

Sandy Cedera, Susul Marselino dan Ivar Absen

  • www.nusabali.com-timnas-akui-irak-diunggulkan

JAKARTA, NusaBali - Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengakui Timnas Irak menjadi unggulan pertama di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab secara ranking FIFA, Irak di atas Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Berdasarkan pemeringkatan FIFA per Kamis (26/10), Irak di posisi ke-68, Vietnam ke-94, Filipina ke-138, dan Timnas Indonesia ke-145.

"Irak adalah satu di antara tim yang bagus, baik secara individu maupun tim," ujar Nova Arianto, di Jakarta, Sabtu (28/10).

"Kami sudah melakukan pemantauan ke Irak dan tim kepelatihan Timnas Indonesia sudah melakukan komunikasi terkait strategi yang dipakai," kata Nova Arianto, menambahkan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia mengirim mata-mata untuk memantau Irak. Skuad Garuda mengutus dua tim analisis yaitu Kim Jong-jin dan Ferry Patriyadi. Bahkan Nova mengaku, semua calon lawan Indonesia sudah dipantau, termasuk Irak. 

“Kami mengirimkan tim analisis ke sana. Kalau Vietnam dan Filipina kan, kami sering bertemu di Piala AFF," ucap Nova.

Indonesia akan menantang Irak saat memulai perjuangan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia menantang tuan rumah Irak dalam partai pertama Grup F, di Basra International Stadium, Basra, Kamis (16/11).

Skuad Garuda memulai persiapan pada 12 November untuk kontra Irak. Sehari berselang, Timnas Indonesia terbang ke Irak. Selain kontra Irak, Indonesia akan menghadapi Vietnam dan Filipina dalam Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sementara itu, kabar buruk datang dari Sandy Walsh, yang dikabarkan cedera mengerikan saat membela KV Mechelen di Liga Belgia. Cedera itu dialami Sandy Walsh saat KV Mechelen bersua Cercle Burgge, di Achter de Kazernem Sabtu (28/10). 

Sandy mengalami cedera pada bagian kaki yang berdarah hingga harus mendapatkan jahitan. Kaos kaki putih yang digunakannya pun berubah menjadi warna merah karena darah. Tanpa Sandy Walsh, KV Mechelen  menyerah 0-2. Namun melalui foto di Instagram Story, Sandy Walsh menyatakan dirinya dalam kondisi baik-baik saja. 

"Saya baik-baik saja, meski mendapat beberapa jahitan, tapi aku baik-baik saja," tulis Sandy Walsh di Instagram Stories.

Selain Sandy Walsh, duo pemain Indonesia Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner terancam absen bela Timnas Indonesia kontra Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kondisi mereka masih diragukan untuk menghadapi Irak dan Filipina. 

Klub Marselino asal Belgia, KSMK Deinze, mengabarkan kondisinya memburuk setelah kembali dari Indonesia. Selain Marselino, Ivar Jenner tidak dipanggil karena cedera saat lawan Jong Utrecht di Belanda.*

Komentar