nusabali

40 Komisioner KPU Kabupaten/Kota di Bali Didominasi Wajah Baru

  • www.nusabali.com-40-komisioner-kpu-kabupatenkota-di-bali-didominasi-wajah-baru

DENPASAR, NusaBali.com - KPU RI akan melantik 40 anggota KPU Kabupaten/Kota di Bali, kecuali Kabupaten Klungkung, pada Senin (29/10/2023) di Jakarta. Mereka akan bertugas selama lima tahun ke depan, yakni periode 2023-2028.

Dari 40 anggota KPU Kabupaten/Kota terpilih, hanya 10 orang yang merupakan incumbent atau anggota KPU periode sebelumnya. Sisanya, sebanyak 30 orang merupakan new comer atau anggota baru.

"Kebanyakan anggota KPU Kabupaten/Kota periode ini memang new comer tetapi mereka bukan orang yang baru-baru sekali. Mereka sudah punya pengalaman di Badan Ad Hoc kepemiluan," ujar I Gede John Darmawan, Komisioner KPU Provinsi Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ketika dihubungi pada Minggu (29/10/2023) malam.

Menurut John, banyaknya new comer di KPU Kabupaten/Kota di Bali disebabkan oleh dua faktor. Pertama, anggota KPU Kabupaten/Kota periode sebelumnya didominasi anggota yang sudah dua kali menjabat. Kedua, incumbent-nya tersisih pada masa seleksi.

"Setelah dilantik, akan langsung pleno untuk menentukan ketua dan divisi," ujar John.

Pelantikan 40 anggota KPU Kabupaten/Kota di Bali ini akan menjadi momentum penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Mereka akan bertanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang adil, jujur, dan berintegritas.*rat

Komentar