nusabali

Dinsos Bali Gelar Wikithon Bertema ‘Pemilu 2024’

Libatkan Disabilitas, Dukung Pelestarian Sastra dan Budaya Bali

  • www.nusabali.com-dinsos-bali-gelar-wikithon-bertema-pemilu-2024

DENPASAR, NusaBali - Yayasan Basa Bali Wiki berkolaborasi dengan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Bali menggelar Wikithon Partisipasi Publik dengan tema “Pemilu 2024; program apa yang perlu dirancang oleh calon pemimpin bagi ragam disabilitas.

Wikithon memberi ruang kepada peserta untuk ikut bersuara, memberi ide, gagasan, ulasan untuk membantu program pemerintah dalam penyusunan kebijakan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung pelestarian bahasa, sastra dan budaya Bali khususnya pada generasi muda.

Kompetisi dilaksanakan secara virtual dari 19 September hingga 12 Oktober 2023. Polanya peserta kompetisi mengirimkan karyanya melalui link yang telah disediakan. Dalam kegiatan tersebut, Kadis Sosial P3A Provinsi Bali Dr drh Luh Ayu Aryani, M.P. juga berpartisipasi sebagai dewan juri.

Dari total 200 karya yang masuk, berdasarkan  keputusan dewan juri, terpilih 8 karya terbaik dengan beberapa kategori. Penyerahan hadiah dilakukan di Aula Dinas Sosial P3A Provinsi Bali, Jalan Cokorda Agung Tresna, Niti Mandala Denpasar, Jumat (27/10). Pelaksanaan penyerahan hadiah juga dimeriahkan oleh penampilan dari Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Provinsi Bali. 

Kepala Dinas Sosial P3A Provinsi Bali Ayu Aryani menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena secara nyata telah mendukung pelestarian bahasa, sastra dan budaya Bali. “Hal ini juga sebagai implementasi Pergub Bali Nomor 80 tahun 2018 tentang pelestarian, penggunaan bahasa, aksara dan sastra Bali serta penyelenggaraan bulan bahasa Bali,” ujar Aryani.

Selain itu, kata Aryani, pelibatan penyandang disabilitas juga telah menunjukkan inklusivitas dari penyelenggaraan kegiatan tersebut. Aryani juga mengajak para pemenang untuk dapat menjadi relawan dalam pelestarian bahasa, sastra dan budaya Bali melalui platform-platform digital yang ada.n Nat

Komentar