nusabali

Kemarau, Rekanan Tanam Rumput di Stadion

  • www.nusabali.com-kemarau-rekanan-tanam-rumput-di-stadion

AMLAPURA, NusaBali - Musim kemarau tahun 2023 masih berlangsung. Meskipun cuaca panas terik, salah satu rekanan di Karangasem tetap tanam rumput zoysia matrella di Stadion I Gusti Ketut Jelantik, Jalan Veteran, Amlapura, Rabu (25/10). Tanam rumput dalam kondisi bagian daun dan batangnya telah kering.

"Rumput itu memang kering tidak apa-apa, terpenting masih ada media tanah di akarnya. Terpenting lagi setiap hari melakukan penyiraman," jelas Adi, salah satu pengawas lapangan.

Lima tenaga kerja menanam rumput, setelah sebelumnya lahan di Stadion I Gusti Ketut Jelantik diratakan. Perataan  dengan media tanah bercampur pasir, selanjutnya ada petugas membuat lubang-lubang kecil, di lubang-lubang itulah mereka menanam rumput.

Pantauan NusaBali di lapangan, kedatangan rumput itu dua minggu lebih awal dibandingkan media yang tersedia. Hingga kemarin, pengerjaan untuk media tempat tanam rumput di stadion itu belum semuanya kelar.

Di bagian lain, pekerja masih meratakan lahan stadion, di bagian lainnya bertanam rumput. Adi mengatakan rumput itu telah dapat rekomendasi dari FIFA (Federation Internationale de Football Association), atau induk organisasi sepakbola di dunia.

Adi mengatakan, membutuhkan sekitar satu bulan agar rumput zoysia matrella tumbuh subur, dengan cara menyiram setiap hari, nantinya setelah tumbuh subur wajib memangkas setiap dua minggu sekali.

Rumput zoysia matrella, katanya, punya kelebihan cengkraman akarnya lebih kuat. Meskipun banyak pemain menginjak di lapangan sepakbola, tetap kuat, dan luncuran bola lebih lancar karena permukaannya rata.

"Nanti selain melakukan penyiraman, juga ada pupuk tersendiri agar tumbuh subur. Saya telah terbiasa bertanam rumput itu, di saat panas," tambahnya.

Penanaman rumput itu kaitan proyek penataan Stadion I Gusti Ketut Jelantik, senilai Rp 4,58 miliar. Pengerjaannya sejak 6 Juli 2023, selama 160 hari kerja. Selain penanaman rumput, juga perbaikan pagar stadion, lintasan atletik dan terkait lainnya.

Sejak membangun stadion, belum termasuk menanam rumput yang standar. Rumput yang tumbuh selama ini secara alami.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Komang Budiarta optimis rumput yang mulai tertanam nantinya akan tumbuh subur. "Rekanan memberikan jaminan, rumput akan tumbuh subur," jelasnya.

Selama penataan Stadion I Gusti Ketut Jelantik, aktivitas di stadion tertutup untuk umum, baik untuk kegiatan atletik, sepakbola dan yang lainnya.7k16

Komentar