nusabali

Bilik TPS Pemilu 2024 Sudah Sampai di Bali

  • www.nusabali.com-bilik-tps-pemilu-2024-sudah-sampai-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Bilik suara untuk Pemilu 2024 dikabarkan oleh KPU Provinsi Bali sudah berada di Bali tepatnya di gudang logistik pemilu masing-masing kabupaten/kota di Pulau Dewata.

KPU Bali memiliki tugas mengorganisir logistik pemilu untuk pemilihan DPD RI Dapil Bali, DPRD Provinsi Bali, dah DPRD Kabupaten/Kota.

Logistik pemilu ini terdiri dari bilik suara, kotak suara, segel, dan tinta pemilih. Untuk saat ini, baru bilik suara yang sudah sampai di Bali. Sebelum November 2023, kotak suara akan menyusul.

"Keempat logistik itu sudah siap dikirim. Yang sudah siap di kabupaten/kota saat ini adalah bilik suara," ujar Lidartawan ketika dijumpai pada Senin (23/10/2023) lalu di Kantor KPU Bali, Jalan Cok Agung Tresna Nomor 8 Denpasar.

Kata mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli ini, beberapa daerah sudah mulai mengatur bilik suara ini per Tempat Pemungutan Suara (TPS). Satu TPS memiliki empat bilik suara.

Dengan estimasi jumlah TPS sementara di Bali per September 2023 sebanyak 9.917 tempat, jumlah bilik suaranya mencapai 39.668 bilik.

"Ada juga yang lebih (bilik suaranya) untuk pengganti bilik yang robek. Sejauh ini, bisa kami pastikan bilik suara di Bali sudah aman," imbuh Lidartawan.

Kemudian, logistik yang menyusul akhir bulan Oktober 2023 ini adalah kotak suara, berjumlah lima kotak per TPS. Lima kotak suara ini untuk pemilihan presiden-wapres, DPR RI, DPD RI, serta DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Sementara itu, untuk tinta dan segel kotak suara ditargetkan sudah berada di gudang logistik KPU Kabupaten/Kota pada akhir Oktober juga atau awal November. Tinta pemilih diplot dua ampul per TPS.

Logistik lain seperti lembar surat suara belum diproses KPU RI mengingat Daftar Calon Tetap belum resmi ditetapkan dan diumumkan ke publik. *rat

Komentar