nusabali

Bupati Suwirta Resmikan PLUT Klungkung

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-plut-klungkung
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-plut-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Klungkung meresmikan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu - Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) di Banjar Kacang Dawa, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Selasa (24/10) pagi.

Bupati Suwirta menyiapkan anggaran Rp 1,2 miliar untuk kegiatan selama satu tahun di tahun 2024. “Mulai tahun 2024, PLUT berjalan kencang. Saya titip tempat ini, outputnya maksimal 1.000 peserta yang mengikuti pelatihan,” ujar Bupati Suwirta.

Promosi tentang PLUT harus kuat sehingga masyarakat yang mau mengembangkan usahanya bisa di tempat ini. Bangunan PLUT-KUMKM ini dilengkapi berbagai macam alat memasak, menjahit, dan alat lainnya. Bupati Suwirta meminta segera manfaatkan sarana penunjang di gedung PLUT. Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa menjelaskan, gedung PLUT-KUMKM dibangun di lahan seluas 24 are eks SD 4 Kamasan. Pembangunan ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 3.582.578.181. 

“PLUT di Kabupaten Klungkung nantinya menjadi tempat layanan konsultasi bisnis dan pendampingan usaha, tempat inkubasi bisnis, co-working space, sarana pelatihan teknis dan pemasaran produk UMKM binaan, dan sebagai layanan perizinan dan sertifikasi,” ujar Ardiasa. @ wan

Komentar