nusabali

Kabar Demokrat Isi ‘Kursi’ Menteri Pertanian Menguat

Istana Sebut Hari Ini Presiden Lantik Pejabat Baru

  • www.nusabali.com-kabar-demokrat-isi-kursi-menteri-pertanian-menguat

JAKARTA, NusaBali - Kabar akan ada reshuffle (perombakan) Kabinet Indonesia Maju (KIM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) santer terdengar.

Bahkan informasi tentang Partai Demokrat yang akan masuk kabinet juga menguat. Apakah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi sosok yang akan dimasukkan Presiden Jokowi ke dalam kabinet?

Belum ada konfirmasi pasti terkait kabar ini. Namun Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana, Selasa (24/10) mengatakan Presiden Jokowi dijadwalkan melantik pejabat baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10) hari ini. "Besok (Rabu) memang direncanakan ada pelantikan pejabat di Istana Negara," kata Ari saat dihubungi di Jakarta, Selasa kemarin. Saat ditanya siapa pejabat yang akan dilantik dan dalam posisi apa, Ari Dwipayana akan menyampaikan perkembangan informasi tersebut.

"Mengenai siapa yang dilantik dan dalam posisi apa, nanti saya akan update lagi," tambahnya. Kabar soal pelantikan pejabat itu mencuat setelah Jokowi pada Selasa pagi menyatakan akan merombak Kabinet Indonesia Maju. Presiden Jokowi juga mengakui dirinya melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada, Senin (23/10). Jokowi menyebut pertemuan yang berlangsung tertutup antara dirinya dan putra Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya merupakan pertemuan silaturahim saja.

"Ya biasa, ya pertemuan silaturahim," beber Jokowi kepada wartawan usai menghadiri dan membuka seminar ekonomi di Jakarta, Selasa. Dia mengatakan pembicaraan dalam pertemuan itu adalah pembicaraan yang biasa dilakukan kala bertemu partai politik. "Bicara hal-hal biasa saja, yang kita bicarakan (saat) ketemu dengan partai," ujarnya. Adapun pertemuan itu dilakukan di tengah menghangatnya isu perombakan atau reshuffle kabinet. Jokowi pada kesempatan itu menyatakan reshuffle kabinet kemungkinan dilaksanakan pekan ini.

Salah satu pos kementerian yang akan dirombak adalah posisi Menteri Pertanian. Setelah Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri, jabatan menteri pertanian kemudian dijabat oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi selaku pelaksana tugas (plt). Saat ditanya apakah Demokrat akan masuk dalam kabinet, Jokowi hanya menganggukkan kepala tanpa memberi pernyataan, sembari meninggalkan wartawan.

Pada Selasa kemarin Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membicarakan komitmen partainya mengenai kemajuan pertanian lokal. Ide ini disampaikan AHY dalam unggahan foto terbarunya di media sosial yang menunjukkan dirinya sedang bertani apel malang. Dilihat, Selasa kemarin, AHY mengunggah foto dan video saat berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur. AHY tak menyebutkan kapan kegiatan itu dilakukan. AHY mengajak masyarakat mengonsumsi produk pertanian lokal. Dia memamerkan produk tani unggulan Apel Malang.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang! Ini adalah momen di mana saya bisa memetik langsung buah apel dari pohonnya, lokasinya di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur," tulis AHY dalam keterangan unggahannya. AHY menilai sektor pertanian RI perlu terus dibangun. Dia memastikan partainya berkomitmen mendorong kemajuan inovasi dan teknologi di bidang pertanian dalam menyediakan ketersediaan pangan.

"Pertanian kita adalah salah satu sektor yang perlu kita bangun dan dorong untuk bangkit dan maju," katanya. "Partai akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan," lanjutnya dilansir detik.com. Di akhir keterangannya, dia pun mengajak masyarakat turut berbagi cerita soal apel malang. "Di sini ada yang suka Apel Malang? Cerita di kolom komentar ya...," katanya.

Terpisah Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengaku belum mengetahui pembicaraan yang dilangsungkan dalam pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10).

"Terkait pertemuan kemarin sore antara Presiden Jokowi dengan Mas Ketum AHY, kami belum mengetahui apa yang menjadi pembicaraan-nya," kata Kamhar dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa. Dia mengatakan tidak ingin mengomentari lebih jauh terkait pertemuan tersebut, sebab perombakan kabinet (reshuffle) merupakan kewenangan presiden. "Reshuffle kabinet adalah hak prerogatif presiden, kami tak ingin mengomentari dan berandai-andai," ujarnya.

Dia juga menyebut fokus utama dan prioritas Partai Demokrat saat ini adalah mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2024, baik pilpres maupun pileg, yang kurang dari empat bulan lagi di helat.

"Berikhtiar dengan segenap daya dan upaya untuk menghantarkan Pak Prabowo sebagai Presiden Ke-8 RI dan memenuhi target keterisian kursi di seluruh dapil pada Pileg mendatang," tutur dia. Sementara Kepala Bamkostra DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra buka suara soal isu reshuffle yang menyebut Partai Demokrat akan masuk dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Herzaky mengatakan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Itu hak Bapak Presiden, ini mesti dilihat jabatan di kabinet itu jabatan menteri itu kan suatu kepercayaan besar, ini masih kita lihat bagaimana amanah itu kemudian bisa dioptimalkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat dan itu haknya Bapak Presiden," kata Herzaky kepada wartawan di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa kemarin.

Herzaky mendukung keputusan Jokowi memberi kepercayaan bagi siapa pun dengan melakukan reshuffle. Dia ingin Jokowi menuntaskan sisa akhir masa jabatannya dengan baik seperti era Presiden RI ke-6 SBY dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. "Jadi bagi kami jika beliau mempercayakan suatu jabatan atau posisi kepada putra-putri terbaik bangsa ini, ya kami dukung, bagaimana agar beliau dalam setahun terakhir bisa semakin baik. Kita tentunya ingin Bapak Presiden Jokowi bisa soft landing seperti halnya Bapak SBY, Ibu Mega, ya kan bagaimana menghabiskan masa tahun terakhir jabatannya bisa dengan baik dan dikenang dengan baik oleh masyarakat," ujarnya.

Dia juga buka suara soal posting-an foto memetik apel Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan narasi ingin sektor pertanian bangkit dan maju di kala Jokowi menyatakan reshuffle kabinet. Menurutnya, posting-an itu menunjukkan kualitas produk pertanian Indonesia yang tak kalah dengan luar negeri.

"Ini hari Kamis Mas AHY juga akan memberikan kuliah umum loh di fakultas pertanian, Unpad kalau tidak salah, ada dies natalies fakultas pertanian Unpad, Bandung, kalau nggak salah di hari Kamis ini. Ini sudah dipersiapkan sebelum-sebelumnya tapi gitu maksudnya, jangan kemudian disamakan kemarin ada posting-an ini," kata Herzaky.

"Kalau bagi kami posting-an ini kan bagus bagaimana beliau meng-endorse kita menggunakan sebaik mungkin produk lokal, kan buah-buahan kita, pertanian kita ini kan tidak kalah perkebunan kita kan dengan negara-negara luar. Lalu bagaimana caranya kita bisa lebih mengoptimalkan tadi kan, perlindungan terhadap petani dalam konteks penyediaan pupuk yang subsidi ya bisa semakin banyak ke depannya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Herzaky juga berbicara sikap Partai Demokrat jika masuk dalam pemerintahan. Dia menyebut pertanian akan menjadi salah satu program prioritas Demokrat. "Jadi Demokrat kalau misalnya kami dipercaya misalnya ke depannya di pemerintahan, tentu prioritas kami pertanian salah satunya, bagaimana penyediaan pupuk murah, bagaimana misalnya katakanlah dalam konteks kualitas produk-produk pertanian kita itu juga makin bagus gitu," ujarnya.

Selain soal pengisian posisi Menteri Pertanian, ada pula kabar yang beredar mengenai pergantian Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan digantikan Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari, dalam kesempatan terpisah di Jakarta, Selasa, menyatakan pergantian kasad merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo, sehingga dia meminta masyarakat menunggu informasi resmi tersebut.

"Kita tunggu saja karena itu kewenangannya Presiden (Jokowi)," kata Hamim saat dihubungi di Jakarta, Selasa. Dudung Abdurachman akan memasuki masa purna bakti atau pensiun pada tanggal 19 November 2023 atau saat dia tepat berusia 58 tahun. Berdasarkan Pasal 53 Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI), masa kedinasan prajurit TNI untuk perwira paling tinggi ialah berusia 58 tahun serta untuk bintara dan tamtama berusia 53 tahun. 7 ant

Komentar