nusabali

PDIP Bali Serentak Rayakan Rahina Tumpek Uye

  • www.nusabali.com-pdip-bali-serentak-rayakan-rahina-tumpek-uye

DENPASAR, NusaBali - Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster merayakan Rahina Tumpek Uye secara niskala dengan melakukan persembahyangan bersama di Pura Pasucian Kahyangan Jagat Toyasah, Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem pada Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (21/10).

Perayaan Tumpek Uye yang juga dihadiri pengurus DPD PDIP Bali, anggota DPR RI Dapil Bali dari Fraksi PDIP, Bupati Karangasem dan Wakil Bupati Karangasem, Ketua DPRD dan anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP, pamangku, bendesa adat, hingga krama setempat ini dirangkaikan dengan pelepasan burung dan penebaran benih ikan di sumber mata air yang ada di kawasan suci Pura Pasucian Kahyangan Jagat Toyasah.

Perayaan Tumpek Uye ini diselenggarakan secara serentak di kabupaten/kota se-Bali sebagai implementasi Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru, dan Pergub Bali Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pelindungan Danau, Mata Air, Sungai, dan Laut sebagai upaya untuk memuliakan air sebagai sumber kehidupan guna terwujudnya keharmonisan alam Bali beserta isinya.

Secara sekala, pengurus DPD PDI Perjuangan dan DPC PDI Perjuangan bersama lapisan masyarakat bergotong royong membersihkan sungai dan penanaman pohon yang berlangsung pada Minggu (22/10). 

Tumpek Uye di Kota Denpasar dilakukan persembahyangan di Pura Candi Narmada yang dipimpin Ketua DPC PDIP I Gusti Ngurah Gede, dihadiri Walikota IGN Jaya Negara dan Wawali I Kadek Agus Arya Wibawa, anggota DPRD Bali dan DPRD Denpasar dari Fraksi PDIP, pengurus DPC, serta krama. 

Di Kabupaten Bangli di Pura Puseh Bangli dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Sang Nyoman Sedana Arta, dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, anggota DPRD Bali dan DPRD Bangli dari Fraksi PDIP, dan krama. 

Kabupaten Gianyar di Pura Segara Masceti, dihadiri pengurus DPC, anggota DPRD Bali dan DPRD Gianyar dari Fraksi PDIP, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC se-Kabupaten Gianyar, dan krama.

Kabupaten Klungkung di Pura Ulun Suwi Subak Gede Sweca yang dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Klungkung Anak Agung Gde Anom, Bupati Klungkung, anggota DPRD Bali dan DPRD Klungkung dari Fraksi PDIP, pengurus DPC, dan warga. 

Kabupaten Tabanan di Pura Puser Tasik, dihadiri pengurus DPC, anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC se–Tabanan, dan warga. 

Kabupaten Buleleng di Pura Segara Penimbangan yang dipimpin Ketua DPC Putu Agus Suradnyana, dihadiri pengurus DPC PDIP Buleleng, anggota DPRD Bali dan DPRD Buleleng dari Fraksi PDIP, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC se-Buleleng, serta krama.

Kabupaten Jembrana di Pura Rambut Siwi yang dihadiri oleh pengurus DPC PDIP, anggota DPRD Jembrana dari Fraksi PDIP, pengurus PAC, Ranting, Anak Ranting, Badan, dan Sayap PDIP, dan krama. 

Kabupaten Badung di Padmasana Kantor DPC PDIP Badung, dihadiri pengurus DPC serta anggota DPRD Badung dari Fraksi PDIP bersama pengurus PAC dan caleg DPRD Kabupaten Badung. 7 bin

Komentar