nusabali

Anies: Pemeriksaan Kesehatan Dilakukan Cepat dan Efisien

Pasangan Ganjar–Mahfud Jalani Tes Kesehatan Hari Ini

  • www.nusabali.com-anies-pemeriksaan-kesehatan-dilakukan-cepat-dan-efisien

JAKARTA, NusaBali - Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengapresiasi tim dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta yang melakukan tes pemeriksaan terhadap bakal pasangan capres dan cawapres dengan cepat.

“Kami telah selesai melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan dilakukan dengan cepat,” kata Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Pemeriksaan terhadap pasangan Anies-Muhaimin dilakukan pada Sabtu kemarin sejak pukul 07.15 WIB. Pasangan bakal calon peserta Pilpres 2024 tersebut keluar dari RSPAD Gatot Soebroto dan melakukan jumpa pers pada pukul 16.07 WIB.

“Alhamdulillah pemeriksaan dilakukan secara cepat, efisien, dan profesional,” tambah Anies.

Anies meninggalkan RSPAD Gatot Soebroto dengan menaiki mobil yang berbeda dengan bakal cawapres Muhaimin Iskandar. Anies pulang menggunakan mobil dengan nomor polisi B 7777 AR yang sebelumnya mengantarkan dia datang ke RSPAD Gatot Soebroto.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar pulang dengan menaiki mobil yang digunakannya datang ke RSPAD, yakni bernomor polisi B 1 PKB.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr Budi Sulistya menyatakan pemeriksaan kesehatan terhadap Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dinyatakan selesai pukul 16.00 WIB.

“Seluruh hasil pemeriksaan ini akan diplenokan dan selanjutnya akan diserahkan kepada KPU RI. Kami menjalankan mandat yang diberikan oleh KPU RI,” kata Budi.

Menurut dia, terdapat 50 dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres dan cawapres Pemilu 2024.

Sementara itu, bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai calon peserta Pilpres 2024 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (22/10) hari ini.

“Tidak ada persiapan yang sifatnya khusus,” kata Ganjar di sela-sela kegiatan akhir pekannya bersama keluarga di Jakarta Selatan, Sabtu kemarin.

Ganjar hanya akan berpuasa mulai Sabtu malam hingga Minggu pagi sesuai permintaan tim dokter RSPAD Gatot Soebroto. Mantan gubernur Jawa Tengah itu pun mengatakan bahwa dia sengaja makan dalam porsi banyak pada Sabtu siang.

“Dari pihak RSPAD hanya diminta puasa mulai jam 20.00 WIB. Jadi, sekarang saya makan banyak,” tambahnya.

Sebelumnya, Ganjar melakukan tes kesehatan secara mandiri di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan, sebagai syarat pendaftaran bakal calon presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Dia berharap pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu hari ini, dapat berjalan lancar.

“Insyaallah lancar. Kemarin juga sudah diperiksa di salah satu rumah sakit, mungkin kalau masih ada pemeriksaan lanjutan tinggal yang lain-lain saja," kata Ganjar.

Usai mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024, para bakal capres dan bakal cawapres wajib melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto sesuai jadwal yang diatur tim dokter dan KPU RI.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan tim dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan calon wakil presiden di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat independen dan profesional dalam bekerja.

“Kita pastikan tim dokter independen dan tidak ada dokter pribadi calon yang ikut dalam pemeriksaan ini,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Jakarta, Sabtu kemarin.

Bagja mengatakan, tim dokter tersebut merupakan tenaga ASN serta TNI Polri sehingga mereka dapat bekerja profesional.

Untuk ASN, menurut dia, mereka harus netral dalam pemilihan dan tidak boleh memperlihatkan keberpihakan.

Begitu juga TNI Polri tidak boleh memilih calon dalam pemilu, sehingga dalam pemeriksaan ini dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang ada.

Menurut dia hasil pemeriksaan ini nantinya akan diberikan tim dokter kepada KPU untuk mengetahui apakah calon dinyatakan lolos atau tidak.

“Kami memastikan agar proses tahapan ini berjalan sesuai aturan dan tidak terjadi pelanggaran. Kalau hasil pemeriksaan tentu rahasia, tapi kami ingin semua itu transparan,” kata Bagja.

Dia mengatakan sejauh ini KPU belum memberikan nama-nama tim dokter yang melakukan tes kesehatan dan juga tidak memberikan indikator yang dilakukan dalam pemeriksaan kesehatan.

"Karena kami pengawas maka akan cari sendiri agar proses berjalan sesuai regulasi," tandas Bagja.

Bagja menyatakan potensi pelanggaran di tahapan pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan calon wakil presiden tetap ada, sehingga perlu pengawasan.

“Setiap tahapan memiliki potensi pelanggaran, dan kita mencoba mengantisipasi itu termasuk tahapan pemeriksaan kesehatan ini,” ucap Bagja.

Dia mengatakan untuk rincian potensi pelanggaran tersebut belum akan disebutkan, karena saat ini proses pemeriksaan kesehatan sedang berlangsung.

Pemeriksaan pertama dilakukan terhadap pasangan bakal calon Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar.

Bagja mengatakan Bawaslu memastikan bahwa agar proses pemeriksaan kesehatan berjalan sesuai dengan standar yang ada atau tidak ada tahapan yang terlewatkan.

“Kami memastikan agar seluruh tahapan proses pemeriksaan kesehatan berjalan sesuai aturan dan kita berdoa agar seluruh pasangan sehat dan siap berkompetisi di pemilu nantinya,” kata Bagja.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan pemeriksaan kesehatan pertama yang dilakukan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

Menurut dia pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar merupakan pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke KPU dan mendapatkan kesempatan pertama untuk pemeriksaan kesehatan.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden diagendakan pada 19–25 Oktober 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. 7 ant

Komentar