nusabali

Kaesang: Politik Harus Damai dan Santun

  • www.nusabali.com-kaesang-politik-harus-damai-dan-santun

CIREBON, NusaBali - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengajak seluruh masyarakat untuk berpolitik secara damai dan santun.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak saling menghujat apabila memiliki pilihan politik yang berbeda.

"Kita itu berpolitik dengan riang gembira dengan santun dan santuy, karena kita harus tahu di pemilu yang akan datang narasinya adalah pemilu yang damai. Jadi, jangan ada yang saling menghujat," kata Kaesang dalam safari politik di Pondok Pesantren Gedongan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (21/10).

Kaesang mengungkapkan bahwa mengkritik tetap boleh dilakukan, namun harus disampaikan dengan santun. Ia juga mengingatkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih pemimpin yang mereka inginkan.

"Kritik boleh, tapi kritik yang santun. Karena kita semua sama-sama warga negara Indonesia yang punya hak untuk memilih pemimpin yang kita inginkan," katanya.

Dalam safari politiknya ke Ponpes Gedongan, Kaesang juga mendapat kehormatan menyandang gelar Santri Kehormatan oleh pengurus Pondok Pesantren Gedongan, Kiai Ahmad Marzuki.

Kiai Marzuki mengungkapkan bahwa gelar santri kehormatan tersebut diberikan sebagai bentuk doa kepada Kaesang dan anak-anak muda di PSI agar sukses dalam menjalankan tugas mengemban amanat rakyat.

"Kami tidak bisa mengikuti selalu langkah Mas Kaesang, langkah kawan-kawan muda; sehingga kami menitipkan status santri kehormatan. Mudah-mudahan itu adalah doa kami yang selalu menyertai Mas Kaesang dan kawan-kawan," ujar Kiai Marzuki.

Kaesang mengungkapkan kedatangan dirinya ke Pondok Pesantren Gedongan adalah dalam rangka safari politik dan mengajak para pengurus ponpes dan para santri-santriwati untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 baik di pemilihan anggota legislatif (Pileg), pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan presiden (Pilpres).

"Yang penting buat saya bukan nyoblos PSI-nya, yang penting adalah datang ke TPS ikut andil dalam pemilu 2024 nanti Dan yang pasti jangan lupa untuk nyoblos presidennya juga," kata Kaesang.7ant

Komentar