nusabali

14 Provinsi Berebut Tiket PON Kabaddi

  • www.nusabali.com-14-provinsi-berebut-tiket-pon-kabaddi

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 14 provinsi ambil bagian dalam kualifikasi PON cabang olahraga Kabaddi yang dimulai pada Jumat (20/10) di GOR Lila Bhuana, Denpasar.

Yakni Jawa Tengah, NTB, Kalimantan Utara, Jawa Timur, Sumbar, Papua, Kaltim, NTT, Sulsel, Lampung, Jawa Barat, Banten, dan tuan rumah Bali. 

Sedangan sebagai tuan rumah, FOKSI Bali optimistis mampu meraih tiket PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Dalam pembukaan kualifikasi PON dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) I Gusti Bagus Alit Putra. 

Menurut I Gusti Bagus Alit Putra, sebanyak 14 provinsi yang ambil bagian itu diyakini bersaing sangat ketat merebut posisi lima besar terbaik untuk lolos PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. 

Menurut pria yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Bali itu, tim Kabaddi Bali jadi barometer di Indonesia, karena perkembangannya di Indonesia dari India itu berawal dari Bali, lalu berkembang ke daerah lainnya. 

"Perlawanan dari provinsi lainnya juga cukup kuat, karena sama - sama mengincar posisi lima besar terbaik di tiap kategori," kata Gusti Bagus Alit Putra. 

Sementara itu Ketua Umum Pengprov FOKSI Bali Made Sukawan Adika mengharapkan tim Kabaddi Bali dapat lolos PON. Apalagi sebelum menghadapi kualifikasi PON, seleksi ketat dan TC Sentralisasi dilakukan dengan maksimal. Karena itu, kata Sukawan Adika, pihaknya optimistis tiket PON dapat diraih dan Bali dapat tampil pada PON 2024. 

Sementara manajer tim kabaddi Bali, I Kadek Sudharma Hariawan mengatakan pada dalam kualifikasi PON ini dicari lima tim yang lolos, dimana juara grup dan dua runner up terbaik berhak atas tiket PON. Pada pertandingan perdana tim tuan rumah di sektor putri berhadapan dengan Kaltim. Mereka turun di nomor National Style kabaddi, jika lolos style kabaddi otomatis lolos di nomor seven for five. 

Bali sendiri di sektor putri menurunkan trio rider Ni Made Dwiyani Putri, Alya Virda, dan Pande Agya Sutarini dibantu pertahanan digalang pemain senior Puspasari, Ami Ariasti, Ni Komang Trisna Arkasari, dan Ni Komang Pebriyanti.  Hasilnya Bali menang atas Kaltim 26-18. dek

Komentar