nusabali

Kuburan di Kubu Juntal Terbakar

  • www.nusabali.com-kuburan-di-kubu-juntal-terbakar

Mengingat ada banyak semak-semak kering dan tiupan angin cukup kencang di tengah kondisi panas, api pun kian mudah menjalar hingga ke kuburan.

AMLAPURA, NusaBali - Belasan liang kubur di Setra Desa Adat Kubu Juntal, Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (19/10) pukul 10.00 Wita, terbakar. Awalnya, ada lahan sekitar yang dilanda kekeringan dan terbakar. Selanjutnya, api membakar tumpukan kayu bakar hingga menjalar ke area setra.

"Dari 15 liang kubur yang terbakar di lahan kuburan seluas 17 are, kebanyakan telah kosong. Karena pemiliknya telah mengupacarai jenazahnya," jelas Bendesa Adat Kubu Juntal I Ketut Suardita, usai melakukan pemantauan di Setra Desa Adat Kubu Juntal, Banjar Juntal Kelod, Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem.

Data dari lokasi, lahan seluas 83 are berisi tumpukan kayu jati terbakar itu milik I Wayan Sukra. Ikut terbakar sejumlah tanaman mete, rumput kering, dan pohon lontar. Mengingat ada banyak semak-semak kering dan tiupan angin cukup kencang di tengah kondisi panas, api pun kian mudah menjalar hingga ke kuburan.

Bendesa Suardita menambahkan, beberapa liang kubur yang terbakar masih berisi jenazah, namun belum sempat menghitung secara detail. "Terkait setra terbakar ini, kami belum punya rencana untuk melakukan paruman guna melakukan langkah niskala," tambahnya, Suardita menambahkan, pemilik liang kubur terutama yang masih berisi jenazah, belum ada memberitahukan kondisi kuburannya kepada bendesa adat.

Setra Desa Adat Kubu Juntal, menurut Suardita, selama ini untuk krama dari Banjar Adat Juntal Kelod, Banjar Juntal Kaja, dan Banjar Kusambi Laklak, Desa/Kecamatan Kubu.

Penyebab kebakaran itu, lanjut dia, belum ada yang mengetahui.  Warga yang melaporkan kebakaran itu ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem, selanjutnya sebanyak 11 petugas diangkut 3 kendaraan melakukan penanganan di bawah koordinasi Danru 1 I Wayan Mustiawan.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika, juga mengatakan, belum terungkap penyebab kebakaran itu. Petugas di lapangan hanya berupaya memadamkan api, agar kebakaran tidak meluas, tidak sampai mendekati pemukiman dan pura.

Hadir di lokasi, anggota Bhabinkamtibmas Desa Kubu, Kecamatan Kubu Aiptu I Gede Darma Upadana turut memberikan bantuan.7k16

Komentar