nusabali

Daftar ke KPU, Mahfud Pakai Baju Putih untuk Dampingi Jokowi 5 Tahun Lalu

  • www.nusabali.com-daftar-ke-kpu-mahfud-pakai-baju-putih-untuk-dampingi-jokowi-5-tahun-lalu

JAKARTA, NusaBali.com - Pasangan bakal capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendaftar ke KPU RI, Kamis (19/10/2023). Menariknya, Mahfud memakai baju kemeja putih yang dibuat untuk mendampingi Jokowi pada Pemilu 2019.

Ganjar-Mahfud memulai kirab menuju Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol Nomor 29 Jakarta dari Tugu Proklamasi. Baik Ganjar dan Mahfud memakai setelan pakaian yang berbeda, menunjukkan ciri khas masing-masing.

Ganjar memakai setelan serba hitam. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengenakan kemeja hitam dan celana panjang bahan berwarna senada. Sedangkan Mahfud memakai peci hitam, kemeja putih, dengan celana panjang bahan berwarna hitam.

Setelan yang dipakai Menteri Koordinator Politk, Hukum dan Keamanan itu adalah gaya khas Jokowi. Utamanya, gaya atau simbol mode yang dicitrakan Presiden ke-7 RI itu pada Pemilu 2019 silam.

Terkesan membuat kejutan, Mahfud yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini membocorkan mengapa ia tidak memakai pakaian yang tidak senada dengan Ganjar. Pengakuan itu pun membuat para pendukung Ganjar-Mahfud bergemuruh.

"Hari ini saya memakai baju (kemeja) putih yang saya persiapkan lima tahun lalu untuk mendaftar ke KPU. Ini dulu tidak jadi dipakai meskipun sudah jadi," ungkap Mahfud.

Ganjar pun tertawa lebar dan menyorot kemeja putih yang dipakai Mahfud. Meski sempat 'tergocek' pada lima tahun silam, Mahfud mengaku itu rencana Tuhan.

"Ada pesan Tuhan di baju ini. Ditunda dulu untuk dipakai ke KPU dan hari ini bisa dipakai mendaftar (Pilpres Pemilu 202)," imbuh tokoh kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur ini.

Seperti yang diketahui, pada Pemilu 2019 silam, Mahfud digadang-gadang mendampingi Jokowi. Kala itu, tengah terjadi diskusi panas antar-ketum partai politik (parpol) pendukung Jokowi di Restoran Plataran Menteng terkait sosok cawapres.

Di saat yang sama pada Kamis (9/8/2018) sore itu, Mahfud tengah menunggu di salah satu restoran di dekat pertemuan Jokowi dan ketum parpol pendukung. Setelan yang ia kenakan waktu itu sama seperti hari ini, hanya saja tidak memakai peci hitam.

Sayangnya takdir berkata lain, inisial M yang juga menyebar kala itu dan kuat dikira Mahfud ternyata meleset. Akhirnya, Ma'aruf Amin yang juga berinisial M terpilih untuk tandem dengan Jokowi di Pemilu 2019. *rat

Komentar