nusabali

Kaesang Ingin Gibran Masuk PSI

Sempat Diisukan Akan Pindah ke Partai Golkar

  • www.nusabali.com-kaesang-ingin-gibran-masuk-psi

Menurut Agung, hadirnya Gibran di Partai Golkar menunjukkan bahwa Partai Golkar sebagai partai tengah menjadi salah satu pilihan bagi anak-anak muda

JAKARTA, NusaBali
Pernyataan blak-blakan dilontarkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Dia mengaku lebih senang jika Wali Kota Surakarta, sekaligus kakak kandungnya, Gibran Rakabuming Raka bergabung ke PSI.

"Ya, udah itu kan balik lagi pilihan pribadi Mas Wali Kota (Gibran). Kalau kami di sini, ya, sebagai PSI lebih seneng kalau (Gibran) masuk PSI; tapi kalau masuknya ke situ (Partai Golkar), ya, nggak masalah," kata Kaesang saat konferensi pers pengenalan dua anggota baru PSI di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa (17/10).

Menanggapi wacana Gibran akan berpindah ke Partai Golkar, Kaesang mengaku dia baru mendengar isu tersebut. Kaesang menambahkan dirinya selama satu hari ini sibuk syuting, sehingga dia tidak tahu kabar tersebut.

Kabar bahwa Gibran akan bergabung ke partai pohon beringin itu muncul setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutus perkara uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu soal syarat capres dan capres berusia minimal 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah.

Putusan MK, menurut Kaesang, sangat bagus karena membuka kesempatan bagi para pemimpin daerah yang masih muda untuk menjadi pemimpin nasional, termasuk bagi kakaknya yang sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilpres 2024. "Bagus, bagus maksudnya juga dalam arti bagi kepala daerah yang umurnya masih di bawah 30. Kan ada beberapa kepala daerah yang bisa mencalonkan juga menjadi presiden dan wakil presiden kan yang umur 25 bisa juga asal menjadi kepala daerah," ujarnya.

Kaesang pun menyebut putusan MK membuka peluang bagi kakaknya menjadi cawapres. "Mungkin memberi kesempatan juga buat Pak Wali Kota Solo buat nyawapres (Nyalon/mencalonkan Wakil Presiden), saya enggak tahu," ujar Kaesang.

Sementara terkait kabar Gibran akan pindah ke Partai Golkar, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono menyatakan pihaknya siap menyambut putra sulung Presiden Joko Widodo itu untuk bergabung dengan Partai Golkar. "Pada prinsipnya kami welcome. Kami akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung," kata Agung Laksono dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut Agung, hadirnya Gibran di Partai Golkar menunjukkan bahwa Partai Golkar sebagai partai tengah menjadi salah satu pilihan bagi anak-anak muda. Partai Golkar terbuka bagi semua kalangan, termasuk anak-anak muda, apalagi Golkar memiliki sejarah institusi yang terhormat dan konsisten membangun karya progresif. Untuk diketahui, Partai Golkar saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres Pilpres 2024.n ant

Komentar