nusabali

Demokrat Condong Usung Khofifah sebagai Cawapres Prabowo

  • www.nusabali.com-demokrat-condong-usung-khofifah-sebagai-cawapres-prabowo

JAKARTA, NusaBali.com - Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan bahwa partai-nya condong memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Herman mengatakan, Khofifah memiliki sejumlah kriteria yang memadai untuk diusung sebagai bakal cawapres, di antaranya suara Jawa Timur yang penting, keterwakilan perempuan, dan perjalanan karier yang bersih.

"Demokrat sendiri lebih condong ke Bu Khofifah Indar Parawansa," kata Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Selain Khofifah, Herman juga menyebut tiga nama lainnya yang berpotensi menjadi bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo, yaitu Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Wakil Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

"Ada empat nama yang tentu ini menguat sebagai cawapres ataupun kandidat cawapres-nya Pak Prabowo. Satu, Pak Airlangga, dua Pak Erick Thohir, tiga Bu Khofifah Indar Parawansa, yang keempat adalah Mas Gibran," ujarnya.

Meski demikian, Herman menegaskan bahwa Partai Demokrat pada prinsipnya menyerahkan keputusan akhir terkait penentuan bakal cawapres kepada Prabowo.

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian permohonan uji materi mengenai batas usia capres dan cawapres menjadi berusia 40 tahun atau pernah berpengalaman sebagai kepala daerah tidak hanya membuka ruang bagi Gibran, melainkan membuka pula ruang kepada tiga kandidat potensial bakal cawapres Prabowo Subianto lainnya.

"Jika keputusan MK membuka ruang untuk menjadi calon anak-anak muda di bawah 40 tahun yang pernah mengikuti election seperti menjadi keputusan MK, ya tentu ini empat-empatnya menjadi kans wakilnya Pak Prabowo," ucap dia.

Komentar