nusabali

Tiga Provinsi Ancaman Tim Panjat Tebing Bali

  • www.nusabali.com-tiga-provinsi-ancaman-tim-panjat-tebing-bali

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali mulai memetakan lawan kuat dalam babak kualifikasi PON pada 24 - 27 Oktober, di Semarang, Jawa Tengah. FPTI Bali pun menyebutkan tiga provinsi menjadi ancaman tim panjat tebing Bali, yakni tuan rumah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

"Kalau melihat peta kekuatan lawan di nasional, memang tiga daerah itu memiliki atlet yang sangat bagus, sehingga akan menjadi pesaing kuat Bali," ucap Ketua Umum Pengprov FPTI Bali, Putu Yudi Atmika, Jumat (13/10). 

Menurut Yudi Atmika yang juga pengurus KONI Bali, ketiga provinsi tersebut selama ini memang cukup dikenal memiliki atlet panjat tebing sangat handal. Dengan kekuatan full team yang akan diterjunkan FPTI Bali, Yudi Atmika berharap dapat meraih tiket PON sebanyak mungkin. Menurutnya, saat kualifikasi PON tidak mengincar medali, namun meraih tiket PON sebanyak mungkin. 

Yudi Atmika, yang juga owner Hotel Batu Karu Ubung Denpasar, selama ini proses rekrutmen atlet sudah sesuai kesepakatan awal usai PON XX/2021 di Papua. Saat itu jajaran pengurus FPTI Bali bersepakat menerjunkan atlet didahului penjaringan hasil Porjar, Porprov Bali, dan kejuaraan open lainnya. 

Alhasil, kata Yudi Atmima,  ditemukan 39 atlet yang dalam perjalanannya dicari yang terbaik mewakili Bali hanya 19 atlet. Bahkan, menurutnya, TC desentralisasi juga sudah dilakukan dengan baik, hingga sekarang masuk tahap TC sentralisasi karena atlet sudah diputuskan definitif. 

"Yang jelas pada babak kualifikasi PON nanti kita ikut semua nomor yang dipertandingkan dalam hal ini ada 16 nomor putra dan putri," kata Yudi Atmika, yang juga mantan advokat itu. 

Yudi Atmika menambahkan dengan kehadiran Made Desak Rita Kusuma Dewi semoga atlet junior lainnya lebih termotivasi memberikan yang terbaik pada babak kualifikasi PON. Sebab, saat ini rata - rata atlet yang diturunkan adalah usianya masih junior pada babak kualifikasi PON. 

“Pertandingan yang tinggal 10 hari lagi, saya berharap persiapan semakin maksimal dengan bergabungnya semua atlet termasuk Desak Rita,”kata Putu Yudiatmika. 

Sementara itu FPTI Bali akan menerjunkan 20 orang atlet, terdiri 10 atlet putra dan 10 atlet putri dengan didampingi 5 orang pelatih dan 1 orang manajer. Dari 20 nama itu, atlet peraih medali emas Asian Games di China, Desak Made Rita Kusuma Dewi ikut diterjunkan untuk membantu di nomor beregu putri.dek


Daftar Tim Panjat Tebing Bali: 

Atlet Putra 
1. I Gusti Ngurah Bayu Segara 
2. Himalaya
3. I Gede Karuna Adutyavardana 
4. Samudera Setiadji Putra 
5. Gede Riasa 
6. Julianto Prasetyawan
7. Muhammad Yusuf Islami 
8. Askar Bhakti Manggala 
9. Wisnu Wahyu Golden 
10. Julio Fernando Sapulete 

Atlet Putri: 
1. Desak Made Rita Kusuma Dewi
2. Ni Komang Ayu Suartini
3. Ni Made Diantari 
4. Ni Luh Jelita Damawati 
5. Ni Made Rai Anggreni
6. Indie Maharanee
7. Ni Made Maylia Ardani Putri 
8. Kadek Adi Asih 
9. Desak Nyoman Widianingsih 
10. Ni Kadek Ayu Dwi Cintya Pratiwi

Komentar