nusabali

Latihan Perdana, Timnas Fokus Recovery

STY Tuntut Bermain Menyerang dan Raih Kemenangan

  • www.nusabali.com-latihan-perdana-timnas-fokus-recovery

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia menjalani latihan perdana dengan fokus recovery atau pemulihan fisik pada Sabtu (14/10).

Hal itu dilakukan menjelang menghadapi tim tuan rumah Brunei Darussalam, dalam leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10).

Latihan perdana dipimpin langsung pelatih kepala Shin Tae-yong yang dimulai pukul 10.00 hingga pukul 11.00 waktu setempat, di Stadion Padang dan Balapan, Kompleks Olahraga Bandar Seri Begawan. Timnas tiba di Bandar Seri Begawan pada Jumat (13/10) malam. Lalu Sabtu memulai latihan.

“Hari ini fokusnya lebih ke latihan pemulihan dan pijat terapi, jadi lebih ke istirahat dan pemulihan kondisi setelah perjalanan pindah dari Jakarta ke Brunei. Kondisi pemain sangat baik, saya berharap mereka bisa menjaga kondisinya," kata Shin Tae-yong, dalam rilis PSSI, Sabtu.

Sebanyak 25 pemain mengikuti sesi latihan di Brunei dan tidak diikuti Marselino Ferdinan yang tetap berada di Indonesia karena menjalani pemulihan cedera.

Sedangkan Shayne Pattynama mengatakan tidak ada masalah dengan kondisi fisiknya jelang laga menghadapi tim tuan rumah Brunei yang berperingkat 191 dunia itu.

"Kami latihan pemulihan dan beberapa latihan lain yang menyenangkan hari ini, seperti tantangan tiang gawang dan lainnya, untuk persiapan pertandingan besok," kata pemain klub Norwegia Viking FK itu.

Sementara itu, pemain muda Marselino Ferdinan tidak akan membela Indonesia melawan Brunei, Selasa nanti. Shin Tae-yong meninggalkan Marselino di Jakarta dan tidak membawanya ke Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Bersama Rafael Struick, Marselino absen dalam pesta enam gol Indonesia atas Brunei. Head of Medical, Physiotherapy, dan Doping PSSI, dr. Syarif Alwi mengatakan, Marselino masih belum pulih dari cedera hamstring sehingga gagal membela Indonesia di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Namun Shin Tae-yong tetap membawa Rafael Struick dan Edo Febriansyah, meski masih cedera walau ringan. Keduanya juga disebut berpeluang bermain. Mereka juga tidak masuk skuad Indonesia saat mengalahkan Brunei 6-0. 

"Rafael Struick dan Edo Febriansyah tetap dibawa karena cederanya lebih ringan dan amat mungkin bisa dimainkan dalam leg kedua," tulis PSSI dalam situsnya.

Shin Tae-yong memastikan Sandy Walsh dkk tidak akan bermain bertahan di kandang Brunei. Shin menuntut tim asuhannya bermain menyerang dan berjuang meraih kemenangan meski sudah unggul agregat dengan selisih enam gol.

"Kami bakal fokus menyerang. Meski telah mencetak enam gol, kami akan tetap berusaha untuk menekan di depan," jelas Shin Tae-yong.

Jika berhasil menyingkirkan Brunei, Indonesia akan lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan masuk Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. ant

Komentar